Persepsi Siswa tentang Kemampuan Pengelolaan Kelas Guru di SMK Negeri 1 Painan

  • Sari Maharani Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nurhizrah Gistituati Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Hadiyanto Hadiyanto Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Ermita Ermita Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: persepsi siswa, kemampuan pengelolaan kelas guru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan selama praktek lapangan kependidikan di SMK Negeri 1 Painan mengenai kemampuan guru dalam mengelola kelas belum optimal sebagaimana yang diharapkan. Penelitian ini berjenis deskriptif kuantitatif yang memiliki tujuan untuk melihat seberapa mampu guru dalam mengelola kelas menurut persepsi siswa. Peneilitian ini memiliki populasi 352 orang yang seluruhnya siswa kelas XI. Untuk penarikan sampel digunakan teknik proportional random sampling yang diperoleh sebanyak 84 orang (10% dari populasi). Instrument penelitian ini adalah angket model skala likert tentang kemampuan pengelolaan kelas guru yang terdiri dari 34 item. Data dikumpulkan secara online menggunakan google form. Data yang dikumpulkan diolah mencari skor rata-rata dan tingkat capaian rata-rata. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa skor rata-rata kemampuan menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif, mengatur ruang belajar, serta mengelola interaksi pembelajaran adalah 4,31 (TCR 86,6%); 3,94 (TCR 78,8%); 3,97 (TCR 79,4%). Jadi menurut persepsi siswa, guru SMK Negeri 1 Painan mampu dalam mengelola kelas, dengan skor rata-rata 4,06 dan TCR 81,46%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adedigba, Olabasi & Sulaiman, Folasade R. (2020). Influence of Teacher’s Classroom Management’Style’on Pupils.,Motivation.,for,,Learning..and,,Academic..Achievement.,in..Kwara,,State. Journal’of Educational Methodology, 6(2), 471-480.
Chamidah, N. (2014). PengaruhuPengelolaannKelasaTerhadap Prestasi BelajareIPS Siswa Kelas IV SD Nageri MargoyasanaYogyakarta. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta:’Universitas’Negeri’Yogyakarta.
Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Erwinsyah, A. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Sebagai Salah Satu Teknologi Dalam Pembelajaran. Manajemen Pendidikan Islam, 4(2).
Fauzi, A., Helnanalis., & Fahmi, A (2020). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi di MTs Al- Fitroh Tangerang). Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 51-70.
Gistituati, Nurhizrah. (2017). Manajemen Pendidikan: Landasan Teori dan Pengembangannya, Edisi ke 2. Padang: Sukabina Press.
Gultom, H. S. B. (2016). Pengaruh Pengelolaan Kelass Terhadap Hasil Belajar Biologi di Kelas VII MTs Al-Wasliyah Tanjung Pasir Kabupaten Labuhan Batu Utara. Jurnal Pembelajaran dan Biologi, 2(1), 6-13.
Helsa, H., & Hendriati, A. (2017). Kemampuan Manajemen Kelas Guru: Penelitian Tindakan Di Sekolah Dasar Dengan Ses Rendah. Jurnal Psikologi, 16(2), 89.
Hidayat, M. T. (2012). Kemampuan Guru dalam Mengelola Kelas dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTs NU Astanajapura Kabupaten Cirebon. Skripsi. Tidak diterbitkan. Cirrebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Khoiriyah, U. (2019). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MTsN 1 Jombang. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 49-64.
Mahrifatun, N. A. 2018. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri Tambaksari Kembaran. Skripsi. Tidak diterbitkan. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Mudasir. (2011). Manajemen Kelas. Yogyakarta: Zanafa Publishing.
Sudjana, N. (2010). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sundari, N. 2016. Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Fasillitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dabin I Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen. Skripsi. Tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Suryani. (2017). Model Pengelolaan Kelas dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di MTsN 4 Aceh Tengah. Skripsi. Tidak diterbitkan: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Susanti, S., Rohimin., & Suradi, A. (2019). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih di MIN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 225.
Usman, U. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wartiningsih, S. (2010). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun 2009/2010. Skripsi. Tidak diterbitkan: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Winaputra, U. S. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wiyani, N. A. (2014). Manajemen Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Published
2021-07-27
How to Cite
Maharani, S., Gistituati, N., Hadiyanto, H., & Ermita, E. (2021). Persepsi Siswa tentang Kemampuan Pengelolaan Kelas Guru di SMK Negeri 1 Painan. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(1), 36-40. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i1.101

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.