Iklim Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Padang
Abstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai persepsi para guru mengenai iklim sekolah dengan indikator; dukungan, afiliasi, keakraban, keterlibatan, kelengkapan sarana dan prasarana, serta kenyamanan lingkungan fisik. Penelitian ini berjenis deskriptif-kuantitatif dan populasi pada penelitian adalah seluruh guru yang menjadi tenaga pengajar di SMKN 3 Padang sebanyak 87 guru. Sampel berjumlah 49 guru dengan menghitung besarannya memakai rumus Slovin serta dilakukan pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen penelitan berbentuk angket dengan model skala Likert yang sudah dilakukan pengujian validitas dan reabilitasnya. Selanjutnya data yang terkumpul dilakukan analisis dengan mencari rata-rata dan tingkat capaiannya dan diperoleh hasil yang memperlihatkan bahwa iklim sekolah SMKN 3 Padang memperoleh rata-rata 4,17 dan tingkat capaian 83,40% berada pada kriteria kondusif.
Downloads
References
Barnawi, & Arifin. (2015). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Gistituati, N. (2009). Manajemen Pendidikan: Budaya dan Kepemimpinan Organisasi. Padang: UNP Press.
Gistituati, N & Hadiyanto. (2018). Analisis Iklim Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Bukitiinggi. Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan, 233–241.
Hadiyanto. (2016). Teori & Pengembangan Iklim Kelas & Iklim Sekolah. Jakarta: Kencana.
Hapsari, O. & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VII di SMP Teuku Umar Semarang. Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1)
Indrawan, I. (2015). Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.
Jannah, R. (2015). Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi. Artikel Penelitian. Universitas Tanjungpura.
Marni, A. & Yuniawati, R. (2015). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penerimaan Diri Pada Lansia Di Panti Wredha Budhi Dharma Yogyakarta. Empathy : Jurnal Fakultas Psikologi, 3(1), 1–7.
Masaong, A. K., & Tilomi, A. (2011). Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelligence: Sinergi Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual untuk Meraih Kesuksesan yang Gemilang. Bandung: Alfabeta.
Panjaitan, M. (2018). Peran Keterlibatan dan Partisipasi Karyawan terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen, 4(1), 52–60.
Puspita, S., & Ifdil. (2018). Kebutuhan Afiliasi Peserta Didik. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(3)
Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta: Kencana.
Rizaldi, J. M. & Sumartono. (2017). Kualitas Komunikasi.Keluarga Dan Tingkat Keakraban Pada Anak. Ilmu Komunikasi, 1–15.
Satriyawan, H. T., & Martunis. (2019). Dukungan Kepala Sekolah SMA Negeri dalam Penyelenggaraan BK di Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(3), 25–31.
Setiawan, Aris. (2012). Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Magelang. S1 skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Stichter, K. (2008). Student School Climate Perceptions as a Measure of School District Goal Attainment. Journal of Educational Research & Policy Studies, 8(1), 44–66.
Suciati, Siwi. (2015). Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Motivasi Guru di Sekolah Dasar Negeri Dabin I dan II Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. S1 skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Suharto. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Supervisi Akademik dengan Kinerja Guru IPS di SMA Negeri Kabupaten Sleman Tahun Pelajaran 2015/2016. S1 skripsi, Universitas PGRI Yogyakarta.
Syahron, L. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabima Press.
Triyono, A. (2019). Upaya Melengkapi Sarana dan Prasarana Pendidikan Madrasah. El-Hamra, 04.
Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Gabungan. Jakarta: Kencana.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.