Komparasi Komunikasi Interpersonal Guru di SMK Negeri 2 Padang dengan SMK Negeri 3 Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran lebih lanjut mengenai komparasi komunikasi interpersonal guru di SMK Negeri 2 Padang dengan SMK Negeri 3 Padang meliputi komunikasi interpersonal guru dengan kepala sekolah, guru dengan guru dan guru dengan siswa di SMKN 2 dan 3 Padang yang dilihat dari aspek : a) Keterbukaan, b) Empati, c) Sikap Mendukung, d) Sikap Positif dan e) Kesamaan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan komunikasi interpersonal guru di SMKN 2 Padang dengan SMKN 3 Padang. Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi yaitu semua guru SMKN 2 dan 3 Padang dengan jumlah 188 orang dan sampel sebanyak 132 orang. Teknik yang digunakan simple random sampling. Instrumen menggunakan angket model skala Likert. Angket ini telah diuji cobakan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0. Hasilnya 73 validitas dan 29 invalid. Reliabilitas Instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengelolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis T-tes. Hasil analisis pengolahan data penelitian yaitu 1) Komunikasi interpersonal guru dengan kepala sekolah sudah efektif di SMKN 2 dan 3 Padang yaitu 88,47%. 2) Komunikasi interpersonal guru dengan guru sudah efektif di SMKN 2 dan 3 Padang yaitu 86,28%. 3) Komunikasi interpersonal guru dengan siswa sudah sangat efektif di SMKN 2 dan 3 Padang yaitu 91,13%. 4) Tidak terdapat perbedaan komunikasi interpersonal guru di SMKN2 Padang dengan SMKN 3 Padang, karena t-hitung < t-tabel yaitu 0,313 < 1,65.
Downloads
References
Effendy, O. U. (2000). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Ermita. (2012). Hubungan Antar Manusia dan Semangat Kerja Pegawai. Volume November 2012. UNP. PEDAGOGI. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Diterbitkan Online. Ilmiah Ilmu Pendidikan, XII No.2. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi
Ermita. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 8 Nomor 1.
Hidayat, D. (2012). Komunikasi Antar Pribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Iriantara, Y. (2014). Komunikasi Pembelajaran: Interaksi, Komunikatif dan Edukatif dalam Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jalaludin, R. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Thoha, M. (2012). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. (n.d.).
Walgito, B. (2007). Psikologi Kelompok. Yogyakarta: Andi Offset.
Wood, J. T. (2013). Komunikasi Interpersonal: Interaksi Keserharian. Jakarta: Salemba Humanika.
Copyright (c) 2021 Journal of Educational Administration and Leadership
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the author. The author gives permission to others to use the published content in the Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) , Source of Transfer, including the author's name, Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The author grants Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) the right of first publication. Although the author remains the copyright owner.
Licence
Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.