Komparasi Komunikasi Interpersonal Guru di SMK Negeri 2 Padang dengan SMK Negeri 3 Padang

  • Elsi Triani Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Ermita Ermita Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Syahril Syahril Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nelfia Adi Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Komunikasi Interpersonal Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran lebih lanjut mengenai komparasi komunikasi interpersonal guru di SMK Negeri 2 Padang dengan SMK Negeri 3 Padang meliputi komunikasi interpersonal guru dengan kepala sekolah, guru dengan guru dan guru dengan siswa di SMKN 2 dan 3 Padang yang dilihat dari aspek : a) Keterbukaan, b) Empati, c) Sikap Mendukung, d) Sikap Positif dan e) Kesamaan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan komunikasi interpersonal guru di SMKN 2 Padang dengan SMKN 3 Padang. Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi yaitu semua guru SMKN 2 dan 3 Padang dengan jumlah 188 orang dan sampel sebanyak 132 orang. Teknik yang digunakan simple random sampling. Instrumen menggunakan angket model skala Likert. Angket ini telah diuji cobakan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0. Hasilnya 73 validitas dan 29 invalid. Reliabilitas Instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengelolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis T-tes. Hasil analisis pengolahan data penelitian yaitu 1) Komunikasi interpersonal guru dengan kepala sekolah sudah efektif di SMKN 2 dan 3 Padang yaitu 88,47%. 2) Komunikasi interpersonal guru dengan guru sudah efektif di SMKN 2 dan 3 Padang yaitu 86,28%. 3) Komunikasi interpersonal guru dengan siswa sudah sangat efektif di SMKN 2 dan 3 Padang yaitu 91,13%. 4) Tidak terdapat perbedaan komunikasi interpersonal guru di SMKN2 Padang dengan SMKN 3 Padang, karena t-hitung < t-tabel yaitu  0,313 < 1,65.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia (edisi kelima). Tangerang Selatan: Kharisma.
Effendy, O. U. (2000). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Ermita. (2012). Hubungan Antar Manusia dan Semangat Kerja Pegawai. Volume November 2012. UNP. PEDAGOGI. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Diterbitkan Online. Ilmiah Ilmu Pendidikan, XII No.2. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi
Ermita. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 8 Nomor 1.
Hidayat, D. (2012). Komunikasi Antar Pribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Iriantara, Y. (2014). Komunikasi Pembelajaran: Interaksi, Komunikatif dan Edukatif dalam Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jalaludin, R. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Thoha, M. (2012). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. (n.d.).
Walgito, B. (2007). Psikologi Kelompok. Yogyakarta: Andi Offset.
Wood, J. T. (2013). Komunikasi Interpersonal: Interaksi Keserharian. Jakarta: Salemba Humanika.
Published
2021-07-27
How to Cite
Triani, E., Ermita, E., Syahril, S., & Adi, N. (2021). Komparasi Komunikasi Interpersonal Guru di SMK Negeri 2 Padang dengan SMK Negeri 3 Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(1), 56-63. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i1.106

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.