Persepsi Siswa tentang Kompetensi Sosial Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Padang

  • Debi Putri Lanung Parila Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nelfia Adi Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Rifma Rifma Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nelitawati Nelitawati Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Persepsi Siswa, Kompetensi Sosial Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendaatkan informasi tentang persepsi siswa tentang komeptensi sosial guru di SMKN6 Padang yang dilihat dari kemampuan komunikasi lisan atau tulisan, kemampuan mengaplikasikan TIK, kemampuan berinteraksi secara efektif, dan kemampuan bergaul dengan santun dimasyarakat sekitar. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian ini memiliki populasi yang terdiri dari murid tingkat XI dan XII SMKN 6 Padang dengan jumlah 972 responden dengan pengambilan 10% sampel 101 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode simple random sampling serta menggunakan instrumen berupa kuisioner bentuk skala likert. Kuesioer tersebut sudah diujicobakan untuk mengetahui validitas maupun reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial guru menurut persepsi siswa di SMKN 6 Padang dilihat dari aspek: 1) kemampuan komunikasi lisan dan tulisan dengan perolehan skor 4,24 yang berada pada kategori mampu, 2) kemampuan menggunakan teknologi komunikasi dan informasi dengan perolehan skor 3,69 yang berada pada kategori mampu, 3) kemampuan bergaul secara efektif dengan perolehan skor 3,90 yang berada pada kategori mampu, 4) kemampuan bergaul dengan santun pada masyarakat sekitar perolehan skor 3,60 dengan kriteria cukup mampu. Dapat disimpulkan bahwasanya kompetensi sosial guru di SMKN 6 Padang menurut persepsi siswa dengan perolehan skor 3,86 yang berada pada kategori mampu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danim, Sudarwan. 2012. Pengembaangan Profesi Guru: dari Pra-Jabatan, Induksi, ke Profesional Madani. Jakarta: Kencana.
Faiqotul, Alimah. 2018. Pengaruh Kompetensi Sosial Guru terhadap Keaktifan Belajar Siswa di MTs At-Tauhid Surabaya. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Hartono. 2012. Psikologi Konseling. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Husain, Chaidar. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhaammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 2, Nomor 2, Juli 2014.
Indo,Tang dan Safei. 2019. Pengaruh Kompetensi Sosial Guru terhadap Hasil belajar peserta didik kelas V MIN 3 Luwu Kabupaten Luwu. Jurnal Ilmiah Madrasah Ibtidaiyah, Vol 01, Nomor 2, Agustus 2019. Hal. 53-62.
Peraturan Pemerintah No 74 Tahun 2008 Tentang Guru.
Santina, Dwi Putri. 2017. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Subang. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 2 Nomor 2, Juli 2017, Hal. 113-123.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Wahyono, Joko. 2012. Cara Ampuh Merebut Hati Siswa. Jakarta:Erlangga.
Published
2022-11-04
How to Cite
Parila, D., Adi, N., Rifma, R., & Nelitawati, N. (2022). Persepsi Siswa tentang Kompetensi Sosial Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 3(1), 6-10. https://doi.org/10.24036/jeal.v3i1.109

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.