Hubungan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dengan Kompetensi Pedagogik Guru Pada SMK Negeri 2 Padang

  • Fitri Wulan Dari Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Sufyarma marsidin Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Rifma rifma Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Hanif Al Kadri Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang

Abstract

Persepsi ini merupakan pengujian kuantitatif korelasional, yang dimaksudkan untuk memperoleh data tentang hubungan antara supervisi akademik oleh kepala dan kompetensi pedagogik guru pada SMK Negeri 2 Padang. Alasan dilakukannya peninjauan ini adalah untuk memperoleh informasi dan data seputar (1) Bagaimana supervisi akademik oleh kepala di SMK Negeri 2 Padang. (2) Bagaimanakah kompetensi pedagogik pendidik pada SMK Negeri 2 Padang. (3) Bagaimana hubungan antara supervisi akademik oleh kepala dengan kompetensi pedagogik pendidik pada SMK Negeri 2 Padang. Populasi adalah 101 pendidik dan contoh ditentukan oleh persamaan Slovin menggunakan tingkat kesalahan 5% menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling untuk mendapatkan 80 sampel. Hasil penelusuran informasi menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik pada SMK Negeri 2 Padang tergolong cukup, yaitu 75,25%. Supervisi akademik oleh kepala pada SMK Negeri 2 Padang disebut cukup, tepatnya 72,25%. Ada hubungan terikat antara supervisi akademik oleh kepala sekolah dengan kompetensi pedagogik pendidik pada SMK Negeri 2 Padang, khususnya r_hitung 0,224, lebih menonjol dari pada r tabel 0,220 pada tingkat kepastian 95%. Dari segi keterkaitan, terdapat hubungan yang signifikan antara supervisi akademik oleh kepala sekolah dengan kompetensi pedagogik pengajar, khususnya t hitung 2, 0766, lebih penting daripada t tabel 2.000 dengan tingkat kepastian 95%. Hal ini menunjukkan bahwa supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah merupakan faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik pengajar pada SMK Negeri 2 Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aslamiah. (2011). Strategi Pembelajaran Anak. Universitas Lambung Mangkurat.
Daryanto, T. R. (2015). Supervisi Pembelajaran Inspeksi meliputi: Controling,Correting,Judging,Demonstration. Yogyakarta.
Datar, K. T. (2007). [1] , [2] , [1] , [2] ,. 28–36.
Lantip, Diat P, S. (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta.
Marsidin, S. (2021). Analisis Peningkatan Kompetensi dan Profesionalitas Pendidik. Dedikasi Pendidikan.
Nellitawati, yusof bin boon. (2015). Hubungan Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah.
Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagodik Guru: Dilengkapi Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. In Kencana.
Sasmita, M., Adi, N., & Alkadri, H. (2021). Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru di SMK Harapan Bangsa Panti. 5, 4795–4799.
Sunarto, R. dan. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, dan Bisnis.
Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64.
Syafmawati, I. (2013). Persepsi Guru tentang Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah SD Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Administrasi Pendidikan, 1(1), 93–100. Diambil dari ejournal.unp.ac.id › bahana › article › download%0A
Yunita, S., Santoso, Y., Sabandi, A., & Al-kadri, H. (2021). Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Supervisi Di SD Negeri Se Kenagarian Air Dingin. 5, 4381–4386.
Published
2022-01-10
How to Cite
Dari, F., marsidin, S., rifma, R., & Kadri, H. (2022). Hubungan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dengan Kompetensi Pedagogik Guru Pada SMK Negeri 2 Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(3), 248-253. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i3.206

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.