Hubungan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dengan Kompetensi Pedagogik Guru Pada SMK Negeri 2 Padang
Abstract
Persepsi ini merupakan pengujian kuantitatif korelasional, yang dimaksudkan untuk memperoleh data tentang hubungan antara supervisi akademik oleh kepala dan kompetensi pedagogik guru pada SMK Negeri 2 Padang. Alasan dilakukannya peninjauan ini adalah untuk memperoleh informasi dan data seputar (1) Bagaimana supervisi akademik oleh kepala di SMK Negeri 2 Padang. (2) Bagaimanakah kompetensi pedagogik pendidik pada SMK Negeri 2 Padang. (3) Bagaimana hubungan antara supervisi akademik oleh kepala dengan kompetensi pedagogik pendidik pada SMK Negeri 2 Padang. Populasi adalah 101 pendidik dan contoh ditentukan oleh persamaan Slovin menggunakan tingkat kesalahan 5% menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling untuk mendapatkan 80 sampel. Hasil penelusuran informasi menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik pada SMK Negeri 2 Padang tergolong cukup, yaitu 75,25%. Supervisi akademik oleh kepala pada SMK Negeri 2 Padang disebut cukup, tepatnya 72,25%. Ada hubungan terikat antara supervisi akademik oleh kepala sekolah dengan kompetensi pedagogik pendidik pada SMK Negeri 2 Padang, khususnya r_hitung 0,224, lebih menonjol dari pada r tabel 0,220 pada tingkat kepastian 95%. Dari segi keterkaitan, terdapat hubungan yang signifikan antara supervisi akademik oleh kepala sekolah dengan kompetensi pedagogik pengajar, khususnya t hitung 2, 0766, lebih penting daripada t tabel 2.000 dengan tingkat kepastian 95%. Hal ini menunjukkan bahwa supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah merupakan faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik pengajar pada SMK Negeri 2 Padang.
Downloads
References
Daryanto, T. R. (2015). Supervisi Pembelajaran Inspeksi meliputi: Controling,Correting,Judging,Demonstration. Yogyakarta.
Datar, K. T. (2007). [1] , [2] , [1] , [2] ,. 28–36.
Lantip, Diat P, S. (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta.
Marsidin, S. (2021). Analisis Peningkatan Kompetensi dan Profesionalitas Pendidik. Dedikasi Pendidikan.
Nellitawati, yusof bin boon. (2015). Hubungan Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah.
Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagodik Guru: Dilengkapi Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. In Kencana.
Sasmita, M., Adi, N., & Alkadri, H. (2021). Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru di SMK Harapan Bangsa Panti. 5, 4795–4799.
Sunarto, R. dan. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, dan Bisnis.
Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64.
Syafmawati, I. (2013). Persepsi Guru tentang Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah SD Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Administrasi Pendidikan, 1(1), 93–100. Diambil dari ejournal.unp.ac.id › bahana › article › download%0A
Yunita, S., Santoso, Y., Sabandi, A., & Al-kadri, H. (2021). Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Supervisi Di SD Negeri Se Kenagarian Air Dingin. 5, 4381–4386.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.