Persepsi Guru Tentang Kecerdasan Emosi Kepala Sekolah di SMK Negeri Kota Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kemampuan Kecerdasan Emosi Kepala Sekolah di (SMK) Negeri Kota Padang dari aspek kesadaran dirinya, lalu pengaturan dirinya, motivasi dirinya, empatinya dan keterampilan sosialnya yang dinilai oleh guru. Penelitian ini berjenis deskriptif. Seluruh guru sekolah menengah kejuruan di kota padang dengan jumlah 343 orang menjadi populasi untuk penelitian ini. Stratified proportional random sampling dengan rumus cocrhan dengan tingkat kesalahan sampel 10% adalah teknik yang digunakan, yang mendapatkan sampel sebanyak 81 orang. Angket dengan model skala linkert merupakan insrtumen yang digunakan. Sebelum angket digunakan sudah diuji validitas dan reliabelitasnya. Penelitian Tentang Kecerdasan Emosi Kepala Sekolah di (SMK) Negeri Kota Padang yang di nilai guru menunjukan hasil dari aspek kesadaran diri berkategori baik, dengan rata-rata perolehan skornya 4,12. Pengaturan diri berkategori baik juga, yang rata-rata perolehan skornya 3,68. Motivasi diri kategorinya baik juga, yang capaian rata-rata skornya 3,82. Sedangkan empati berkategori cukup, yang rata-rata perolehan skornya 3,51. Keterampilan sosial juga berkategori baik, dengan rata-rata perolehan skornya 3,86. Maka dapat disimpulkan Persepsi Guru Tentang Kecerdasan Emosi Kepala Sekolah di (SMK) Negeri Kota Padang berkategori baik, dengan rata-rata perolehan skornya 3,80
Downloads
References
Ermi Yantiek. 2014. “Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spritual Dan Perilaku Prososial Remaja.” Pesona Jurnal Psikologi Indonesia 3(1):22–31.
Ermita. 2012. “Hubungan Antara Manusia Dan Semangat Kerja Pegawai.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 12(2):70–81.
Goleman, Daniel. 1996. Kecerdasan Emosional. Jakarta: gramedia pustaka utama.
Kurniawan, Yohanes Andhi. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Vol. 8. Uwais Inspirasi Indonesia.
Mataputu, Yulius. 2018. Kepemimpinan Kepala Sekolah. ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Mutasar, Ali dkk. 2019. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Keperibadian Terhadap Kepemimpinan Kepala Madrasah Di Kabupaten Aagam.” Al- Fikrah 7(2):129–38.
Purwanto, Y., and R. Mulyono. 2006. Psikologi Marah. Bandung: Refika Aditama.
Rahmadani, Sri dkk. 2021. “Implementasi E-Rapor Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kelompok Bisnis Manajemen Kota Padang.” Journal Of Educational Administration and Leadership (JEAL) 1(4):101–5.
Safaria, Triantoro, and Novrans Eka Saputra. 2012. Manajemen Emosi. Jakarta: BUMI AKSARA.
Triani, Elsi dkk. 2021. “Komparasi Komunikasi Interpersonal Guru Di SMK Negeri 2 Padang Dan SMK Negeri 3 Padang.” Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) 2(1):56–63.
Copyright (c) 2022 Muhardi Darma, Jasrial Jasrial, Anisah Anisah, Sulastri Sulastri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the author. The author gives permission to others to use the published content in the Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) , Source of Transfer, including the author's name, Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The author grants Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) the right of first publication. Although the author remains the copyright owner.
Licence
Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.