Persepsi Guru Tentang Kecerdasan Emosi Kepala Sekolah di SMK Negeri Kota Padang

  • Muhardi Darma Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Jasrial Jasrial
  • Anisah Anisah
  • Sulastri Sulastri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kemampuan Kecerdasan Emosi Kepala Sekolah di (SMK) Negeri Kota Padang dari aspek kesadaran dirinya, lalu pengaturan dirinya, motivasi dirinya, empatinya dan keterampilan sosialnya yang dinilai oleh guru. Penelitian ini berjenis deskriptif. Seluruh guru sekolah menengah kejuruan di kota padang dengan jumlah 343 orang menjadi populasi untuk penelitian ini. Stratified proportional random sampling dengan rumus cocrhan dengan tingkat kesalahan sampel 10% adalah teknik yang digunakan, yang mendapatkan sampel sebanyak 81 orang. Angket dengan model skala linkert merupakan insrtumen yang digunakan. Sebelum angket digunakan sudah diuji validitas dan reliabelitasnya. Penelitian Tentang Kecerdasan Emosi Kepala Sekolah di (SMK) Negeri Kota Padang yang di nilai guru menunjukan hasil dari aspek kesadaran diri berkategori baik, dengan rata-rata perolehan skornya 4,12. Pengaturan diri berkategori baik juga, yang rata-rata perolehan skornya 3,68. Motivasi diri kategorinya baik juga, yang capaian rata-rata skornya 3,82. Sedangkan empati berkategori cukup, yang rata-rata perolehan skornya 3,51. Keterampilan sosial juga berkategori baik, dengan rata-rata perolehan skornya 3,86. Maka dapat disimpulkan Persepsi Guru Tentang Kecerdasan Emosi Kepala Sekolah di (SMK) Negeri Kota Padang berkategori baik, dengan rata-rata perolehan skornya 3,80

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elvira, Hermi. 2017. “Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Sungai Tarab.” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 6(2):53–63.
Ermi Yantiek. 2014. “Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spritual Dan Perilaku Prososial Remaja.” Pesona Jurnal Psikologi Indonesia 3(1):22–31.
Ermita. 2012. “Hubungan Antara Manusia Dan Semangat Kerja Pegawai.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 12(2):70–81.
Goleman, Daniel. 1996. Kecerdasan Emosional. Jakarta: gramedia pustaka utama.
Kurniawan, Yohanes Andhi. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Vol. 8. Uwais Inspirasi Indonesia.
Mataputu, Yulius. 2018. Kepemimpinan Kepala Sekolah. ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Mutasar, Ali dkk. 2019. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Keperibadian Terhadap Kepemimpinan Kepala Madrasah Di Kabupaten Aagam.” Al- Fikrah 7(2):129–38.
Purwanto, Y., and R. Mulyono. 2006. Psikologi Marah. Bandung: Refika Aditama.
Rahmadani, Sri dkk. 2021. “Implementasi E-Rapor Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kelompok Bisnis Manajemen Kota Padang.” Journal Of Educational Administration and Leadership (JEAL) 1(4):101–5.
Safaria, Triantoro, and Novrans Eka Saputra. 2012. Manajemen Emosi. Jakarta: BUMI AKSARA.
Triani, Elsi dkk. 2021. “Komparasi Komunikasi Interpersonal Guru Di SMK Negeri 2 Padang Dan SMK Negeri 3 Padang.” Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) 2(1):56–63.
Published
2022-01-10
How to Cite
Darma, M., Jasrial, J., Anisah, A., & Sulastri, S. (2022). Persepsi Guru Tentang Kecerdasan Emosi Kepala Sekolah di SMK Negeri Kota Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(3), 286-290. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i3.213

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.