Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SMK Negeri 1 Kota Payakumbuh

  • MHD ILHAM Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Rifma Rifma Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Syahril Syahril
  • Ahmad Sabandi
Keywords: Persepsi; Keterampilan Berkomunikasi Guru; Proses Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi terhadap tanggapan siswa tentang kemampuan komunikasi guru pada saat proses belajar mengajar di SMK Negeri 1 Kota Payakumbuh. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Siswa pada kelas XI di SMK Negeri 1 Kota Payakumbuh merupakan populasi penelitian dengan jumlah 440 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, dengan perkiraan tingkat kesalahan 10% yaitu 88 orang. Penelitian ini memakai teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner dengan skala model Likert. Kuesioner yang digunakan sudah di uji kevalidan dan reliabelnya. Hasil data penelitian menunjukan bahwa pandangan siswa mengenai kemampuan guru berkomunikasi pada saat proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Kota Payakumbuh dilihat dari aspek (1) keterampilan penyampaian pesan secara lisan guru pada saat proses pembelajaran berada di kategori baik yaitu 3,38, (2) keterampilan penyampaian pesan secara tulisan guru pada saat proses pembelajaran berada di kategori baik yaitu 3,96, (3) keterampilan menerima pesan guru pada waktu proses pembelajaran berada di kategori baik yaitu 3,94. Dari keseluruhan hasil penelitian disimpulkan tanggapan siswa mengenai keterampilan berkomunikasi guru pada saat melaksanakan proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Kota Payakumbuh sudah terlaksanakan dengan baik dengan skor 3,92

Downloads

Download data is not yet available.

References

DinaNellitawati dan Yurmanita, Y. (2019). Hubungan Komunikasi Interpersonal dengan Kepuasan Kerja Pegawai dinas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5 (1) , 36.
Inten, Dinar Nur. “Pengembangan keterampilan berkomunikasi anak usia dini melalui metode bermain peran." Mediator: Jurnal Komunikasi 10.1 (2017): 109-120.
Nursalam. (2001). Dalam Manajemen Keperawatan. Aplikasi dalam Praktik Keperawatan. Profesional, edisi 1 . Jakarta: Salemba Medika
Rifma, (2013). Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. (JurnaI Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. Xlll No. 1)
Suliyarti, Riri, Nurhizrah Gistituati, Rusdinal Rusdinal, and Irsyad Irsyad. 2020. “Persepsi Siswa Tentang Komunikasi Interpersonal Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Padang.” Journal of Educational Administration and Leadership 1(2):1–7.
Sutikno, M. S., & Nurlaeli. (2006). Pendidikan sekarang dan masa depan:" suatu refleksi untuk mewujudkan pendidikan yang bermakna". NTP Press.
Suryosubroto. 2009. Proses BeIajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Tubbs,Stewart Dan SyIvia Moss. (2005). Human Communication: Prinsip-Prinsip Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Widodo, supriyono & abu ahmadi. 2004. Psikologi belajar. Jakarta : PT rineka cipta
Wursanto, Ignasius. 1987. Etika Komunikasi Kantor. Yogyakarta: Kanisius.
Yuliarti, Mayang, Sulastri, Nellitawati, Al Kadri, Hanif. 2021. “Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Padang Panjang.” Journal of Education Administration and Leadership. 1: 87–92.
Published
2022-01-10
How to Cite
ILHAM, M., Rifma, R., Syahril, S., & Sabandi, A. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SMK Negeri 1 Kota Payakumbuh. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(3), 296-300. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i3.223

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.