Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SMK N 1 Padang Gelugur
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memperoleh informasi dan menggambarkan tentang kompetensi pedagogik guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa SMK N 1 Padang Gelugur yang berjumlah 426 orang, dengan besar sampel 81 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen dari penelitian ini berupa kuesioner model Skala Likert. Sebelum digunakan, kuesioner tersebut terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Bahan yang terkumpul diolah dengan mencari nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik dilihat dari (1) Pemahaman terhadap siswa memperoleh jumlah rata- rata 4,0 dengan kriteria baik. (2) Perencanaan pembelajaran mencapai nilai rata- rata 3,9 dengan kriteria baik. (3) Pelaksanaan Pembelajaran mendapatkan skor rata- rata 4,1 dengan kriteria baik. (4) Penilaian atau evaluasi hasil belajar mendapatkan nilai rata- rata 4,3 pada kriteria sangat baik. (5) Tindak lanjut hasil belajar memperoleh skor rata- rata 3,3 dengan kriteria cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru di SMK N 1 Padang Gelugur berada pada kriteria baik dengan skor rata-rata 4,0. Hal ini perlu diperhatian untuk meningkatkan kemampuan guru supaya aktivitas belajar mengajar bisa dilaksanakan sinkron dengan rencana dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Downloads
References
Fakhriyani, D. V. (2016). PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 4(2).
Hardianti, L. W. (2014). DISIPLIN KERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI ( SMK N ) KOTA SOLOK. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2, 389–395.
Kunandar. (2015). PENILAIAN AUTENTIK (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Rajawali Pers.
Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Remaja Rosdakarya.
Nababan, R. (2014). Pengembangan Silabus dan Skenario Pembelajaran (SAP) Kurikulum Berbasis Kompetensi. Juril AMIK MBP, 2(1).
Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembar Negara RI Tahun 2003 No. 78.
Pemerintah Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara RI Tahun 2005 No. 157.
Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru: Dilengkapi Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Kencana.
Smk, G., & Solok, N. (2015). PERSEPSI SISWA KELAS XI TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL GURU SMK NEGERI 1 SOLOK Azizatul Resti Husnia Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNP. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 3(5), 769–776.
Supardi. (2013). Sekolah Efektif: Konsep Dasar & Praktiknya. Rajawali Pers.
Viningsih, S. R. (2013). PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TIMPEH KECAMATAN. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 1, 258–267.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.