Persepsi Guru Terhadap Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengelola Guru di SMK N 1 Painan
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi dan menggambarkan tentang kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengelola guru. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu guru SMK N 1 Painan yang berjumlah 96 orang, dengan besar sampel 49 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Pengambilan sampel yaitu dengan teknik simple random sampling. Instrumen dari penelitian ini ialah angket dengan model Skala Likert. Angket telah uji validitas dan reliabilitas sebelum disebarkan dengan aplikasi SPSS 25.0. Bahan yang terkumpul diolah dengan mencari skor rata-rata. Hasil penelitian menggambarkan bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah dilihat dari (1) Merencanakan kebutuhan guru memperoleh junlah nilai rata- rata 4,2 dengan klasifikasi sangat mampu. (2) Mengelola pembinaan dan pengembangan profesional guru mendapatkan nilai rata- rata 4,0 berada di klasifikasi mampu. (3) Mengelola pemberian kesejahteraan guru mendapatkan nilai rata- rata 3,4 berada pada klasifikasi mampu.
Downloads
References
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta.
Berdiati, I. (2020). Supervisor’ S Role in Continuing Professional Development for Teachers. Jurnal Diklat Keagamaan, XIV(1), 38–49.
Daryanto. (2013). Guru Profesional. Yogyakarta: Gaya Media.
Fuadi, A. (2014). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah di SMP Negeri se Kecamatan Pasaman Barat Kabupaten Pasaman Barat. 2(5), 24–32.
Gistituati, N. (2013). Manajemen Sekolah: Manajemen Program Non Akademik dan Hubungan Sekolah dengan Masyarakat. Padang: UNP Press.
Gustina, E., & Anisah. (2020). Analisis Profesionalisme Guru di SMK Negeri 1 Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(1), 14–19.
Komara, E. (2016). Perlindungan Profesi Guru di Indonesia. Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, 1(2), 151–160.
M, M. D. Al, & W, D. T. W. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 297–302.
Rohmah, W. (2016). Upaya Meningkatkan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. 10–21.
Suhardiman, B. (2012). Studi Pengembangan Kepala Sekolah: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64.
Syafitri, E. (2017). Persepsi Guru Terhadap Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengelola Guru pada SMA Swasta Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 6(2), 30–38.
Widodo. (2018). Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Jakarta: Rajawali Pers.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.