Pelaksanaan Tugas Guru SMKN 1 Padang Panjang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan serta menjelaskan tentang bagaimana pelaksanaan tugas guru di SMKN 1 Padang Panjang dalam merencanakan, melaksanakan, menilai hasil dan program tindak lanjut. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Seluruh guru SMKN 1 Padang Panjang yang berjumlah 63 orang dijadikan sebagai populasi dalam penelitian. Penarikan sampel menggunakan teknik simple proportionate random sampling dan memperoleh sampel 40 orang guru. Angket digunakan sebagai alat ukur penelitian dengan memakai skala likert. Data yang terkumpul diolah dengan rumus skor rata- rata (mean) dan persentase tingkat capaian responden (TCR). Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan tugas guru SMKN 1 Padang Panjang, dilihat dari aspek (1) perencanaan pembelajaran memperoleh skor rata-rata 4,01 dengan TCR (80,2 %) dalam kategori baik. (2) aspek pelaksanaan pembelajaran memperoleh skor rata-rata 4,13 dengan TCR (82,6) dalam kategori baik. (3) aspek penilaian hasil belajar memperoleh skor rata-rata 4,12 dengan TCR (82,1 %) dalam kategori baik. (4) aspek program tindak lanjut memperoleh skor rata-rata 3,9 dengan TCR (79,1 %) dalam kategori cukup baik.
Downloads
References
Alkadri, H. (2011). Efektivitas dan Efisiensi Pembiayaan Pendidikan. FIP UNP.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
FK, Y., Hadiyanto, & Alkadri, H. (2020). Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Di SDN Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci. JEAL : Journal of Educational Administration and Leadership, 1, 18–23. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX
Maharani, S. (2021). Persepsi Siswa tentang Kemampuan Pengelolaan Kelas Guru di SMK Negeri 1 Painan. JOURNAL OF EDUCATIONAL ADMINISTRATION AND LEADERSHIP, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jeal.v2i1
Nurma Izzati. (n.d.). PENGARUH PENERAPAN PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN MELALUI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. EduMa, Vol.4 No.1.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, (2009).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 Pasal 1 Ayat 1 Tentang Guru dan Dosen, (2005).
Rifma, Z. Z. &. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Motivasi Kerja Guru SMA Negeri Padang Pariaman. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 37–52.
Rofiin, R., & Fauzan, M. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Keterlibatan Siswa Terhadap Efektivitas Belajar Dimoderasi Kesiapan Belajar di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 11, 15–20.
Saputra, O., Hadiyanto, H., Sabandi, A., & Susanti, L. (2021). Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA N X Koto Singkarak. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 93–99. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i2.125
Septiany Dakhra, A. (2021). Persepsi Siswa terhadap Disiplin Kerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 8 Padang. JOURNAL OF EDUCATIONAL ADMINISTRATION AND LEADERSHIP, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jeal.v2i1
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Syaiful Bahri Djamarah. (2010). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka Cipta.
Undang- undang RI Tahun 2005 Bab 1 tentang Tugas Guru, (2005).
Uno, H. B. (2016). Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.