Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Sosial Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kabupaten Padang Pariaman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait dengan kompetensi sosial guru yang dilihat pada indikator kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulisan, kemampuan bergaul secara efektif, dan kemampuan bertindak objektif di SMK Negeri Kabupaten Padang Pariaman. Jenis pada penelitian ini yaitu deskriptif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.937 siswa. Menghitung besar penentuan sampel dengan rumus Isaac dan Michael pada tingkat kesalahan 10% melalui teknik Stratified Proportional Random Sampling yang memperoleh total sampel sebanyak 168 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dengan menggunakan model skala Likert yang mempunyai lima alternatif jawaban. Uji coba validitas dan reliabilitas dibantu oleh program SPSS 28.0 for windows. Angket dinyatakan valid pada tingkat kesalahan 10% dengan rho hitung 0.735 dan reliabel dengan r hitung 0.955 besar dari rho tabel 0,60. Teknik analisis data menggunakan mean. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi sosial guru yang dilihat dari aspek; 1) kemampuan guru dalam berkomunikasi secara lisan dan tulisan terdapat pada kategori cukup mampu dengan skor rata-rata 3,54; 2) kemampuan bergaul secara efektif dengan peserta didik terdapat pada kategori mampu dengan skor rata-rata 3,93; dan 3) kemampuan guru bertindak objektif dengan peserta didik terdapat pada kategori mampu dengan skor rata-rata 3.91. Secara keseluruhan dapat disimpulkan persepsi siswa terhadap kompetensi sosial guru berada pada kategori mampu dengan capaian hasil 3,80.
Downloads
References
Alam, Masnur. 2018. Peran Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kemantan Kabupaten Kerinci. Islamika:Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 18(01):85–101.
Darma, Khairina, Ermita, Adi, & Nellitawati. 2021. Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Sosial Guru Di SMK Negeri 1 Pulau Punjung. Jurnal Pendidikan Tambusai 5(2):4761–65.
Devito, Joseph. 2010. Komunikasi Antarmanusia, Edisi Kelima. Jakarta: Karisma Publishing Group.
Dimyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Eldrina, Melati. 2021. Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Sosial Guru BK Dan Implikasinya Dalam Bimbingan dan Konseling Di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Psikologi Konseling 18(1):861–69.
Endang, Heri Kus. 2017. Implementasi Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Pada SMP Negeri 08 Kota Bengkulu. Annidzom 2(2):353–63.
Ermita. 2015. Kepemimpinan Guru Dalam Pelaksanaan Tugasnya di Kelas. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 15(2):31. doi: 10.24036/pedagogi.v15i2.5827.
Hadiyanto. 2015. Integrasi Pendidikan Karakter di Smp Pondok Pesantren Modern Nurul Ikhlas Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 15(2):87. doi: 10.24036/pedagogi.v15i2.5834.
Ilham, MDH, Rifma, Syahril, Sabandi, Ahmad. 2016. Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Guru Dalam Proses Pembelajaran Di SMK Kartika 1-2 Padang. Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) 2(3):1–13. doi: 10.24036/jeal.v2i3.
Iriantara, Yasol. 2014. Komunikasi Pembelajaran (Instruksi Komunikan & Edukatif Dalam Kelas). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Janawi. 2012. Kompetensi Guru. Bandung: Alfabeta.
Jihad, Suyanto dan. 2013. Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global). Yogyakarta: Erlangga.
Liansyah, Rega Ayub. 2021. Implementasi Kompetensi Sosial Guru PAI Di SMP Tunas Dharma Lampung Selatan. Ta’dib 3(1).
Oktaviani, Adi, Nellitawati, & Gistituati. 2022. Persepsi Guru Terhadap Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mengelola Guru Di SMK N 1 Painan. Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) 2(3):306–11. doi: 10.24036/jeal.v2i3.
Putri, Sri Diana, Nellitawati, Santoso, & Syahril. 2022. Komunikasi Lisan Guru Dalam Proses Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Padang Panjang. JOHEM: Journal Higher Educational Management 1(1):1–3.
Rahmadeli, Fajri. 2017. Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Sosial Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 6(2):39–44.
Ramayulis. 2015. Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.
Sabandi, Ahmad. 2021. Analisis Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 2(2):87–107. doi: 10.35719/leaderia.v2i2.68.
Sari, Nia Mayang. 2019. Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Sosial Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan.
Sujarwati, Ermita, Nellitawati, and Anisah. 2021. Kompetensi Kepribadian Guru Di SMK N 10 Padang. Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) 1(4):116–19.
Sulastri, Happy, & Alfroki. 2020. Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research 1(3):258–64. doi: 10.37985/jer.v1i3.30.
Sumantri, Mohammad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori & Praktik Di Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Surya, Mohammad. 2013. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Syahril. 2012. Pengelolaan Konflik Di Sekolah. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 12(2):99. doi: 10.24036/pendidikan.v12i2.2211.
Triani, Elsi, Ermita, Syahril, & Nelfia. 2021. Komparasi Komunikasi Interpersonal Guru di SMK Negeri 2 Padang dan SMK Negeri 3 Padang. Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) 2(1):56–63. doi: 10.24036.
Wibowo, Agus &. Hamrin. 2012. Menjadi Guru Berkarakter. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.