Iklim Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai persepsi guru tentang iklim sekolah di SMKN Se-Kecamatan Lembah Gumanti dan Kecamatan Hiliran Gumanti dilihat dari indikator afiliasi, kenyamanan lingkungan, tanggung jawab, partisipasi siswa, kepercayaan, dan kelengkapan sarana dan prasarana. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di SMKN Se-Kecamatan Lembah Gumanti dan Hiliran Gumanti yang berjumlah 96 orang guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stratified Random Sampling dengan total sampel 52 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan model skala Likert yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya dengan taraf kepercayaan 5%. Data diolah menggunakan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tentang: (a) afiliasi 4,0, (b) kenyamanan lingkungan 3,8, (c) tanggungjawab 4,3, (d) partisipasi siswa 3,7, (e) kepercayaan 4,2, (f) kelengkapan sarana dan prasarana 3,8. Secara keseluruhan persepsi guru tentang iklim SMKN se-Kecamatan Lembah Gumanti dan Hiliran Gumanti sudah berada pada kategori baik dengan perolehan skor rata-rata 4,0.
Downloads
References
Bastaman, R. (2020). Great Service, Get Happiness. 4 tips melayani dengan hati yang hebat dan membahagiakan. Yogyakarta: Deepublish.
Gistituati, N., & Hadiyanto. (2018). Analisis Iklim Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Bukittinggi. Seminar Nasional Administrasi Pendidikan Dan Manajemen Pendidikan, 214–241.
Hadiyanto. (2016). Teori dan Pengembangan Iklim Kelas & Iklim Sekolah. Jakarta: Kencana.
Hadiyanto, Komariah, Kusumastuti, Priatna, & Khuluoo. (2020). The Development of Classroom Climate Study in Indonesia (A History Perspective). Talent Development & Excellence, 12(1), 406–414.
Hamid, M. A., Widyastuti, A., Firdaus, E., Chamidah, D., Tanjung, R., Sari, R. N., … Purba, S. (2021). Pengelolaan Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Harmain, R. (2021). Upaya Meningkatkan Partisipasi Siswa pada Materi Mengidentifikasi Macam-Macam Limbah Melalui Metode Diskusi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(1), 35–42. doi:10.37905/dikmas.1.1.35-42.2021.
Husamah, Restian, A., & Widodo, R. (2019). Pengantar Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Ibrahim, I., Awi, & Dinar, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Partisipasi Siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. Issues in Mathematics Education (Hal, 1(1), 26–32.
Jannah, M., Nellitawati, Ermita, & Santoso, Y. (2022). Hubungan Iklim Organisasi dengan Kinerja Pegawai di Kantor Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi. Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL), 2(4), 329–336. doi:10.24036/jeal.v2i4
Lestari, R. A., Gistituati, N., Jasrial, & Syahril. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sd Negeri Di Kabupaten Sarolangun. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 11(2), 83–90. doi:10.24036/jbmp.v11i2
Maharani, S., Hadiyanto, Rusdinal, & Sulastri. (2021). Keterkaitan Iklim Organisasi dengan Faktor lainnya. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 168–174. doi:10.24036/jeal.v2i2.151
Maulida, N., Mirawati, M., & Anwar, W. S. (2020). Pengaruh Pemberian Hukuman Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 03(01), 47–51.
Mustari, M. (2011). Nilai Karakter. Yogyakarta: Laks Bang Pressindo.
Nurjannah, E., Masudi, Baryanto, Deriwanto, & Karolina, A. (2020). Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(2), 159–171. doi:10.31539/joeai.v3i2.1381
Pratama, R., Hadiyanto, Ermita, & Adi, N. (2021). Persepsi dan Harapan Guru terhadap Iklim Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Padang. Journal Of Educational Administration and Leadership, 1(3), 53–61. doi:10.24036/jeal.v1i3
Purba, S., Cendana, W., Salamun, D., Kato, I., Karwanto, Prijanto, J. hendra, & Sianipar, P. (2021). Kepemimpinan Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Pusvitasari, R., & Sukur, M. (2020). Manajemen Keuangan Sekolah dalam Pemenuhan Sarana Prasarana Pendidikan (Studi kasus di SD Muhammadiyah 1 Krian, Sidoarjo). AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 94–106. doi:10.33650/al-tanzim.v4i1.959
Saidah, F. N., & Muhid, A. (2021). Peran Pemberian Psychological Empowerment Terhadap Kepercayaan Atasan Pada Bawahan: Literature Review. Competence : Journal of Management Studies, 15(2), 162–172. doi:10.21107
Sawianti, I., Musdalifah, & Susdiyanto. (2019). Pengaruh Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Ulaweng Kabupaten Bone. Journal of Islamic Education Management, 5(1), 22–30.
Sitompul, M. A. (2021). Pemberian Nasehat Orang Tua Dalam Membentuk Perilaku Anak Di Desa Tatengger Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan. Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.
Supit, M., Katuuk, D. A., Rotty, V. N. J., & Lengkong, J. S. J. (2021). Hubungan Iklim Sekolah dengan Semangat Kerja Guru SMP Negeri. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 91–97. doi:10.24036/jbmp.v10i1
Syahril. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Padang: Sukabina Press.
Widodo, G. S., Hariyono, & Hanurawan, F. (2016). Persepsi Guru tentang Kenakalan Siswa: Studi Kasus di Sekolah Dasar “Raja Agung.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23(2), 142–153.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.