Persepsi Guru tentang Supervisi Kepala Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan penulis mengenai supervisi Kepala Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok masih belum terlaksana dengan optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan memperoleh data tentang pandangan guru terhadap supervisi kepala sekolah yang dilihat dari indikator pengarahan, membantu guru memecahkan masalah, melaksanakan pengawasan, menciptakan hubungan antar pribadi, penilaian hasil kerja guru dan tindak lanjut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru SDN Se Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok yang berjumlah 124 orang guru, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang guru yang diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan model skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan taraf signifikan 5%. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tentang: (1) pengarahan 4,2, (2) membantu guru memecahkan masalah 4,1, (3) melaksanakan pengawasan 4,0, (4) menciptakan hubungan antar pribadi 4,0, (5) penilaian hasil kerja guru 3,9, (6) tindak lanjut 3,7. Secara keseluruhan persepsi guru tentang supervisi Kepala Sekolah Se Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok dalam kategori baik dengan skor rata-rata 4,0.
Downloads
References
Elissa, N., Sulastri, S., Ermita, E., & Susanti, L. (2021). Persepsi Guru tentang Proses Supervisi oleh Kepala Sekolah di SMKN 2 Bukittinggi. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 197–201. doi.org/10.24036/jeal.v2i2.156
Fahmi, D. (2021). PERSEPSI: Bagaimana Sejatinya Persepsi Membentuk Konstruksi Berpikir Kita. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Fuad, N. (2021). Supervisi Pendidikan: Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan di Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Handayani, L., & Sukirman. (2020). Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah pada Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMP 3 Bae Kudus. EduPsy Couns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 297–310.
Jamil, J. (2022). Etika Profesi Guru. Padang: CV. Azka Pustaka.
Koyongian, Y., Rawis, J. A. ., Wullur, M. M., & Rotty, V. N. J. (2021). Implementasi Supervisi Instruksional: Pendekatan dan Tantangan Pengembangan Profesionalisme Guru. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(2), 48. doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.115405
Meirisa, A., & Hadiyanto. (2020). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi terhadap Kinerja dan Profesional Guru Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 17–21.
Midangsi, N. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Bandung: NILACAKRA.
Nofrion, Hadiyanto, & Mariya, S. (2021). Profil Guru SMA dan SMK di Provinsi Sumatera Barat dan Riau. Sumatera Barat: Mitra Cendekia Media.
Purwanto, N. (2017). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Rawung, R. K. S., Rawis, J. A. ., Wullur, M. M., & Rotty, V. N. J. (2021). Indikator Tantangan Efektivitas Supervisi Instruksional Kepala Sekolah. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(2), 41. doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.115417
Rosyadi, Y. I., & Pardjono, P. (2015). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp 1 Cilawu Garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 124–133. doi.org/10.21831/amp.v3i1.6276
Rusyan, T. (2013). Profesionalisme Kepala Sekolah. Jakarta: PT.Pustaka Dinamika.
Ulfah, V. T., Santoso, Y., Santoso, Y., Rifma, R., & Ermita, E. (2021). Komparasi Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMKN 1 Padang Gelugur dengan SMKN 1 Rao Selatan. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 236–242. doi.org/10.24036/jeal.v2i2.168
Wulandari, F., Marsidin, S., & Kadri, H. Al. (2022). Hubungan supervisi akademik oleh kepala sekolah dengan kompetensi pedagogik guru pada sekolah menengah kejuruan negeri. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(3), 248–253. doi.org/10.24036/jeal.v2i3
Yati, W., & Hadiyanto. (2020). Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Melalui Supervisi Akademik di SD 14 Belanti Barat. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 54–60.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.