Analisis Penyusunan Visi Misi Tujuan dan Program Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses analisis penyusunan visi, misi, tujuan dan program sekolah, pihak-pihak yang terlibat, serta faktor pendukung dan penghambat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Reduksi data digunakan untuk menganalisis dan menafsirkan fakta, dan penulisan naratif yang digunakan untuk menyebarkan data dan menarik kesimpulan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, komite dan guru di SMKN 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penyusunan visi, misi, tujuan dan program sekolah akan melibatkan beberapa pihak yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing yaitu: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tata usaha, guru, komite, beberapa perusahaan, masyarakat sekitar dan perwakilan orangtua. Penyusunan visi, misi, tujuan dan program sekolah dibuat dalam jangka waktu panjang, misalnya 5 tahun.
Downloads
References
Anesti, A. F. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Memotivasi Guru di SMP Kecamatan Air Hangat Barat Kabupaten Kerinci. Jurnal Of Educational Administration and Leadership, 1(1), 7.
Calam, A. & Q. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmiah Saintik, 15(1).
Farikhah, S. (2018). Manajemen Pendidikan. Aswaja Pressindo.
Liskardani, P., Gistituati, N., & Yahya, Y. (2020). Proses Komunikasi Organisasi Penelitian Mengenai Proses Komunikasi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Solok Selatan dengan Permasalahannya dan Pengaruhnya terhadap Pegawai. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 8.
Meleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.
Meleong, Lexy J. (2005). Metodologi Kualitatif Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya.
Rifma, Z. Z. &. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Motivasi Kerja Guru SMA Negeri Padang Pariaman. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 37–52.
Sukaningtyas, D. & Sa’ud, U. S. (2017). Pengembangan Kapasitas Manajemen Sekolah dalam Membangun Pemahaman Visi dan Misi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2).
Tiffani, N. M., Jasrial, J., Gistituati, N., & Santoso, Y. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Layanan Tenaga Administrasi Sekolah Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Negeri Se-Kota Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 100–105.
Windaningrum, F. (2019). Analisis Relevansi Visi, Misi, Tujuan, dan Kurikulum Antara SMKN 1 Kedawung Sragen dan SMKN 1 Bawen Semarang. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 123–140.
Wisda, R. S. (2021). Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(4), 358–363.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.