Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengelola Guru di Sekolah Menengah Atas
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis selama melaksanakan Praktek Lapangan Manajemen mengenai Persepsi Guru Tentang Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengelola Guru Di SMA Negeri Se-Kecamatan Batang Anai dalam hal merencanakan kebutuhan guru, pembinaan dan pengembangan guru dan pengelolaan terhadap pemberian kesejahteraan guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini dengan jumlah 111 orang guru. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik Stratified Cluster Sampling menggunakan rumus Cochran sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 55 orang guru. Instrumen pada penelitian ini menggunakan skala likert yang memiliki 5 alternatif jawaban. Hasil uji coba validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen kompetensi manajerial kepala sekolah di sekolah tersebut valid dan reliabel. Teeknik analisis dalam pengolahan data diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 16. Hasil analisis data mengenai persepsi guru tentang kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengelola guru di SMA Negeri Se-Kecamatan Batang Anai menunjukkan 1) merencanakan kebutuhan guru dengan capaian 87,5% dalam kategori mampu, 2) mengelola pembinaan dan pengembangan profesional guru dengan capaian 87,93% dalam kategori mampu, 3) pemberian kesejahteraan guru dengan capaian 85,45% dalam kategori mampu.
Downloads
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.