Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengelola Guru di Sekolah Menengah Atas

  • Vilda Yulia Putri Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Yulianto Santoso Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nurhizrah Gistituati Gistituati Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Tia Ayu Ningrum Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Kompetensi Manajerial, Mengelola Guru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis selama melaksanakan Praktek Lapangan Manajemen mengenai Persepsi Guru Tentang Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengelola Guru Di SMA Negeri Se-Kecamatan Batang Anai dalam hal merencanakan kebutuhan guru, pembinaan dan pengembangan guru dan pengelolaan terhadap pemberian kesejahteraan guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini dengan jumlah 111 orang guru. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik Stratified Cluster Sampling menggunakan rumus Cochran sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 55 orang guru. Instrumen pada penelitian ini menggunakan skala likert yang memiliki 5 alternatif jawaban. Hasil uji coba validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen kompetensi manajerial kepala sekolah di sekolah tersebut valid dan reliabel. Teeknik analisis dalam pengolahan data diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 16. Hasil analisis data mengenai persepsi guru tentang kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengelola guru di SMA Negeri Se-Kecamatan Batang Anai menunjukkan 1) merencanakan kebutuhan guru dengan capaian 87,5% dalam kategori mampu, 2) mengelola pembinaan dan pengembangan profesional guru dengan capaian 87,93% dalam kategori mampu, 3) pemberian kesejahteraan guru dengan capaian 85,45% dalam kategori mampu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-30
How to Cite
Putri, V., Santoso, Y., Gistituati, N. G., & Ningrum, T. (2024). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengelola Guru di Sekolah Menengah Atas. Journal of Educational Administration and Leadership, 4(3), 103-107. https://doi.org/10.24036/jeal.v4i3.306

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.