Pelaksanaan Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan bagi Siswa di SMKN 1 Sijunjung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pelaksanaan pendidikan kewirausahaan bagi siswa tentang: diintegrasikan dalam seluruh mata pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan pengembangan diri, menginternalisasi dalam bahan/buku ajar yang disusun oleh guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII di SMKN 1 Sijunjung berjumlah 365 orang siswa, menggunakan teknik Simple Random Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 84 orang. Instrumen yang digunakan angket dengan skala likert dan dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Selanjutnya data yang sudah terkumpul dilakukan analisis dengan mencari rata-rata dan mengkategorikan tingkat kecapain nya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan pendidikan bagi siswa tentang : (1) diintegrasikan dalam seluruh mata pelajaran 3,22 (2) kegiatan ekstrakurikuler 2,31 (3) kegiatan pengembangan diri 2,8 (4) menginternalisasi dalam bahan/buku ajar 3,31.dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk Skala Likert yang sudah diuji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Rumusan rata-rata digunakan dalam penelitian ini, yang menghasilkan data; 1) yang diintegrasikan dalam seluruh mata pelajaran berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 3,22. 2) kegiatan pengembangan ekstrakurikuler berada pada kategori kurang dengan skor rata-rata 2,31. 3) kegiatan pengembangan diri berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 2,8. 4) menginternalisasi dalam bahan atau buku ajar yang disusun oleh guru. Jadi pelaksanaan pengembangan pendidikan kewirausahaan di SMKN 1 Sijunjung berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 2,9.
Downloads
References
Saputra, O. et al. (2021) ‘Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dengan Prestasi Belajar Siswa di SMAN X Koto Singkarak’, Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), pp. 93–99.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman kegiatan Ekstrakurikuler.
Ramadhani, R. F., Simarmata, N. I. P., Prihatmojo, A., Kholifah, N., Hasan, M., Subakti, H., Badawi, B., Nurtanto, M., & Fawaid, M. (2021). Pendidikan Kewirausahaan (Issue )
Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutina, S., & Widiarto, T. 2020. “Pengaruh Kedisiplinan Dan Sikap Mandiri Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK Di Kota Bogor.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 6: 23–28.
Tamara, A. 2021. Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kecamatan Padang Timur. Journal Education Administrasi and leadership, Vol (N): pp.XX-XX,
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional
Vebryanty, Rahmy. 2020. Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Negeri Se-Kota Padang Panjang. Journal of Education Administration and Leadership Vol (N): pp. XX-XX,
Vernia, D. M. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Mitra Bakti Husada Bekasi. Lectura.” Jurnal Pendidikan 9: 105–14.
Viningsih,S.R.2013. Pelaksanaan Program Pengembangan Diri Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Timpeh Kecamatan Timpeh Kabupaten Sijunjung. Jurnal Bahana Bahana, 1(1), 258-461
Wiyani, Novan Ardy. 2013. Menumbuhkan Pendidikan Karakter di SD ( Konsep, Praktek dan Strategi). Jogjakarta: AR-RUZZ Media.
Yurisa, Novela.N. 2020. Motivasi Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Mempelajari Kewirausahaan. Journal of Educatiom Administrasi and Leadership. Vol 1(4): pp. 106-111,
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.