Gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah

  • Masarra Albaqiatussalihat Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Sabandi
  • Jasrial Jasrial
  • Ermita Ermita
Keywords: Kepemimpinan transformasional, Kepala sekolah

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi dan menggambarkan tentang gaya kepemimpinan transformasional kepala SMK Negeri se-Kota Sawahlunto. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat deskriptif. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh guru yang terdapat di SMK Negeri se-Kota Sawahlunto sebanyak 108 guru dengan pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling yang mana pengambilan sampel 10% yang berjumlah 53 guru. Instrumen penelitian ini berupa angket dengan model Skala Likert. Angket yang digunakan sudah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan aplikasi SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menggambarkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional kepala SMK Negeri se-Kota Sawahlunto dilihat dari (1) charisma menghasilkan skor rata-rata 3,97 dengan kriteria baik, (2) idealised influence  menghasilkan skor rata-rata 3,96 dengan kriteria baik, (3) inspirational motivation menghasilkan skor rata-rata 3,65 dengan kriteria baik, (4) intellectual stimulation menghasilkan skor rata-rata 3,89 dengan kriteria baik, dan (5) individual consideration menghasilkan skor rata-rata 3,83 dengan kriteria baik. Secara keseluruhan gaya kepemimpinan transformasional kepala SMK Negeri se-Kota Sawahlunto berada pada kriteria baik dan memiliki skor rata-rata 3,86.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggun Febya Anesti, Anisah, Yuskal Kusma. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Memotivasi Guru di SMPN Kecamatan Air Hangat Barat Kabupaten Kerinci. Journal of Education Administration and Leadership, 7–13.
Danim, S. (2009a). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan: Visi dan Strategi Era Teknologi, Krisis dan Internasional Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Lakahing, M. Y. dan S. W. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Gaya Kepemimpinan Transaksional terhadap Kinerja (Studi pada PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Sape). Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(2), 148–162.
Maisisri, D., & Rusdinal, E. (2021). Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah di SMP Negeri se-Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(1), 47–51.
Mayang Yulinarti, Sulastri, Nellitawati, Hanif Al Kadri. (2021). Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Padang Panjang. Journal of Educational Administration and Leadership, 1(4), 87–92.
Muallidin, I. (2017). Kepemimpinan Transformasional: dalam Kajian Teoritik dan Empiris. https://www.researchgate.net/publication/320211511
Rahayu, R. S. (2018). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan. 2, 192–201.
Yandrizal. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 71–75.
Z, Z. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Motivasi Kerja Guru SMA Negeri Padang Pariaman. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 37–52.
Published
2022-11-17
How to Cite
Albaqiatussalihat, M., Sabandi, A., Jasrial, J., & Ermita, E. (2022). Gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Journal of Educational Administration and Leadership, 3(1), 34-39. https://doi.org/10.24036/jeal.v3i1.335

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.