Pembinaan Kompetensi Sosial Tenaga Administrasi Sekolah di SMK Negeri Kecamatan IV Jurai Painan
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui informasi terkait dengan pembinaan kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah di SMK Negeri Kecamatan IV Jurai Painan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Untuk sampel dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga administrasi sekolah di SMK Negeri Kecamatan IV Jurai Painan dikarenakan populasinya yang terbatas yaitu yang berjumlah 38 orang .Uji coba dilakukan kepada 10 tenaga administrasi sekolah di SMK Negeri 1 Sutera. Uji coba validitas dan reliabilitas menggunakan program IBM SPSS 24.0 for windows. Uji validitas penelitian ini menggunakan korelasi tata jenjang dengan taraf signifikan 5% (0,632) dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Data diolah menggunakan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian ini menunjukan pembinaan kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah dalam hal: 1) bekerjasama dalam tim berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,18, 2) memberikan pelayanan prima berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,17, 3) memiliki kesadaran berorganisasi berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,25, 4) berkomunikasi efektif berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,29, dan 5) membangun hubungan kerja berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,30. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pembinaan kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah di SMK Negeri Kecamatan IV Jurai Painan berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,24.
Downloads
References
Daryanto. (2014a). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gaya Media.
Daryanto. (2014b). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ermita, & A. (2013). (2013). Pembinaan dan Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN). Pedagogi.
Fufindo, O. G. (2020). Pembinaan kesiswaan di sekolah menengah pertama negeri kecamatan sungayang kabupaten tanah datar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 1, 444–455.
Hasibuan, M. S. P. (2007). Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan. Produktivitas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mulyasa. (2012). Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Sosdakarya.
Nurjanah, D. (2013). Manajemen Bencana. Bandung: ALFABETA.
Pratama, R., & dkk. (2021). Persepsi dan Harapan Guru terhadap Iklim Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Padang. Journal Of Educational Administration and Leadership, 1(3), 52–61.
Purwanto, N. (2015). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putra, F. B. . I. N. (2013). Pendapat Siswa Tentang Fungsi Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 22 Padang. Jurnal Ilmiah Konseling.
Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Sugiyono. (2012). Metodotogi Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. jakarta: Prenadamedia Group.
Tukina. (2014). Proses Adaptasi Mahasiswa Binus University Asal Daerah. Humaniora, 5.
Vebryanty, R., Kadri, H. Al, & Susanti, L. (2021). Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Negeri Kota Padang Panjang. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(1), 10–14. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX
Wahjosumidjo. (2008). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.