Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah SMK Negeri Kota Padang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan penulis selama melaksanakan praktek lapangan pada bulan Juli-Desember 2021 mengenai Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah SMK Negeri Kota Padang dalam hal meningkatkan motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, pertimbangan individual, pengaruh ideal dan pemberdayaan kepemimpinan transformasional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 259 orang guru, dengan sampel penelitian diambil dengan teknik stratified random sampling dengan rumus Cochran sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 105 orang guru. Instrumen penelitian ini menggunakan model skala likert yang memiliki 5 alternatif jawaban. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukan bahwa instrumen kepemimpinan transformasional kepala sekolah tersebut valid dan reliabel. Data penelitian ini diolah dengan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 25. Hasil analisis data persepsi guru tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah SMK Negeri Kota Padang menunjukkan bahwa 1) motivasi inspirasional dengan capaian skor rata-rata 4,68 dalam kategori sangat baik, 2) stimulasi intelektual dengan capaian skor rata-rata 4,70 dalam kategori sangat baik, 3) pertimbangan individual dengan capaian skor rata-rata 4,64 dalam kategori sangat baik, 4) pengaruh ideal dengan capaian skor rata-rata 4,59 dalam kategori baik, 5) pemberdayaan dengan capaian skor rata-rata 4,77 dalam kategori sangat baik.
Downloads
References
Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah.
Kadri, H. Al. (2011). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 25–51.
Kamaruddin. (2014). Efektivitas Pemberdayaan Guru Sekolah Unggul di Kota Subang. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala.
Mulyasa. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. PT Rosda Karya.
Undang-Undang Republik Indonesia, (2003).
Prihatin, E. (2011). Teori Adminstrasi Pendidikan. Alfabeta.
Rifai, A., Sulastri, Nellitawati, & Rifma. (2022). Persepsi Guru terhadap Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kenagarian Air Bangis. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(4), 366–371.
Saputra, W., & Syahril. (2022). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Keprofesionalan Guru SMK Swasta di Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 11(1), 76–82.
Sari, N., Muazza, & Rahman, K. (2021). Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan inovasi pendidikan di Sekolah Islam Terpadu Nurul Ilmi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(2), 120.
Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja guru. Preanmedia Grup.
Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.
Ulfah, V. T., Santoso, Y., Rifma, & Ermita. (2021). Komparasi Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMKN 1 Padang Gelugur dengan SMKN 1 Rao Selatan. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 236–242.
Yukl, G. (2011). Leadership In Organization Eighth Edition (7th ed.). Albany.
Zulkifli, Z., & Rifma. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Motivasi Kerja Guru SMA Negeri Padang Pariaman. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 37–52.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.