Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih jarangnya kepala SMK Swasta se-Kecamatan Padang Utara menunjukkan perilaku yang berorientasi pada tugas dan perilaku yang berorientasi pada hubungan manusia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan mendapatkan informasi tentang seberapa sering kepala sekolah memperlihatkan perilaku yang berorientasi pada tugas dan perilaku yang berorientasi pada hubungan manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif , menggunakan rumus rata- rata (mean). Populasi dalam penelitian ini yaitu semua guru yang terdapat di SMK Swasta se-Kecamatan Padang Utara sebanyak 112 guru dengan pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling yang mana pengambilan sampel 10% yang berjumlah 54 guru. Instrumen penelitian ini berupa angket dengan model Skala Likert. Angket yang digunakan sudah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan aplikasi SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menggambarkan bahwa perilaku kepemimpinan kepala SMK Swasta se-Kecamatan Padang Utara dilihat dari (1) perilaku yang berorientasi pada tugas menghasilkan skor rata – rata 4,25 dengan TCR (84,94%) memiliki kategori sering. (2) Perilaku yang berorientasi pada hubungan manusia menghasilkan skor rata – rata 4,32 dengan TCR (86,38%) memiliki kategori sering. Secara keseluruhan perilaku kepemimpinan kepala SMK Swasta se-Kecamatan Padang Utara berada pada kategori sering dan memiliki skor rata – rata 4,29 dengan TCR (85,66%).
Downloads
References
Hidayat. (2012). Perilaku Kepemimpinan dan Komitmen Karyawan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Journal Aplikasi Manajemen, Vol.10(No 1).
Husnah, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Komitmen Guru dalam Melaksanakan Tugas. Journal Bahana Manajemen Pendidikan, 19–30.
Mulyadi, H. (2014). Hubungan Kepemimpinan Dengan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman. Journal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 303–831.
Mulyasa. (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Rosdakarya.
Nugroho, B. (2006). Reward dan punishment. Buletin cipta karya, departemen pekerjaan umum edisi no 6/IV/juni 2006.
Ramadhani, N . S, Hadiyanto, sabandi. A. & R. (2022). Persepsi Guru tentang Supervisi Kepala Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok. journal of Educational Administration and Leadership, 2, 359–365.
Rifai, A., & Nellitawati, S. (2022). Persepsi Guru terhadap Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kenagarian Air Bangis. journal of Educational Administration and Leadership, 2(4), 366–371.
Robbin,Stephen P & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi (Organizational Behavior). Salemba Empat.
Rosdina, Murniati, & Yusrizal. (2015). Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Pada Sd Negeri 2 Lambheukabupaten Aceh Besar. Journal pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 10(2), 69–78.
Surya, M. (1997). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. remaj.
UU Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003. Departemen Pendidikan Nasional.
Wahjosumidjo. (1999). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. PT Raja Grafindo Persada.
Zuldesiah, Z., Gistituati, N., & Sabandi, A. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru-guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 663–671.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.