Pengaruh Pengawasan terhadap Disiplin Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengawasan dan disiplin pegawai di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat serta untuk mengetahui Pengaruh Pengawasan terhadap Disiplin Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Populasi berjumlah 191 orang dan penentuan sampel yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah teknik proportionate stratified random sampling dengan total sampel sebanyak 71 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket model skala likert. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis statistik inferensial. Analisis data dilakukan melalui regresi sederhana, uji t, dan koefisien determinan dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pegawai memiliki disiplin yang tinggi dan pengawasan sudah terlaksana dengan baik. Pengawasan berpengaruh terhadap disiplin Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat sebesar 15,4 %, sedangkan 84,6 % dipengaruhi oleh faktor lain.
Downloads
References
Hamzah, A. (2019). Pengaruh Pendidikan dan Kedisiplinan terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Simplex, 2(2), 21–31.
Herawati, N. L. M., Suputra, I. D. G. D., & Budiasih. (2016). Pengaruh Pengawasan Pimpinan, Disiplin dan Kompetensi Pegawai pada Kinerja Pegawai Inspektorat Kabupaten Tabanan. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7, 1953–1980.
Hidaya, N. A., Bandiyono, A., & Hamzah, K. F. (2021). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kedisiplinan Pegawai. Jurnal Ekonomi, 26(1), 50.
Inayati, A. (2014). Hubungan Pengawasan dengan Disiplin Kerja Pegawai pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 86–831.
Kumarawati, R., Suparta, G., & Yasa, S. (2017). Pengaruh motivasi terhadap disiplin dan kinerja pegawai pada sekretariat daerah kota denpasar. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 4(2), 63–75.
Kurnia, Alkadri, H., Rusdinal, & Susanti, L. (2022). Hubungan disiplin dan produktivitas kerja karyawan dinas pendidikan. Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL), 2(3), 291–295.
Kusuma, A. K., Syahril, S., & Sabandi, A. (2019). Pelaksanaan Pengawasan Oleh Atasan Langsung Di Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(1), 27.
Mardin, R. A., Susilo, H., Ruhana, I., Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (2016). Analisis Peran Pemimpin dalam Memotivasi dan Mengawasi Karyawan (Studi Pada PT. Citra Perdana Kendedes Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 31(1), 184–191.
Nellitawati, N. (2012). Kontribusi Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru SMA Negeri Di Kecamatan Koto Tangah Padang. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 24.
Pranitasari, D., & Khotimah, K. (2021). Analisis Disiplin Kerja Karyawan. Lentera Bisnis, 18(1), 22–38.
Ruwaeda, Burhanuddin, & Parawu, H. E. (2021). Pengaruh Pengawasan terhadap Disiplin Kerja Pegawai di Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kabupaten Luwu Utara. Journal Unismuh, 2, 1.
Sarah, S. (2021). Pengaruh Kepemimpinan dan Pengawasan terhadap Disiplin Karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara III Kebun Bandar Selamat. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Sofiati, E. (2021). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Pegawai. Ekono Insentif, 15(1), 34–46.
Tsauri, S. (2013). MSDM: Manajemen Sumber Daya Manusia. STAIN Jember Press.
Yulasri, R. E., Santoso, Y., & Ningrum, T. A. (2022). Disiplin belajar siswa di sekolah menengah kejuruan negeri. Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL), 2(3), 312–316.
Zemerlin, T., Irsyad, I., Jasrial, J., & Santoso, Y. (2021). Pembinaan Disiplin Kerja Pegawai Di PUPR Balai Wilayah Sungai Sumatera V SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air IAKR. Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL), 2(2), 175–178.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.