Proses Pelaksanaan Supervisi oleh Kepala Sekolah
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang terlaksananya proses pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah di SMKN 9 Padang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh informasi mengenai proses pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru SMKN 9 Padang yang berjumlah 65 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling yang mana pengambilan sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael sehingga memperoleh sampel sebanyak 49 guru. Pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menjelaskan bahwa proses pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah di SMKN 9 Padang dilihat dari aspek (1) Perencanaan supervisi memperoleh skor rata-rata 4,38 dengan kategori baik (2) pelaksanaan supervisi memperoleh skor rata-rata 4,39 dengan kategori baik (3) tindak lanjut hasil supervisi memperoleh skor rata-rata 4,24 dengan kategori baik. Secara keseluruhan proses pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah di SMKN 9 Padang berada dalam kategori baik dengan skor rata-rata 4,34.
Downloads
References
Elissa, N., Sulastri, Ermita, & Susanti, L. (2021). Persepsi Guru tentang Proses Supervisi oleh Kepala Sekolah di SMKN 2 Bukittinggi. Journal Of Educational Administration And Leadership, 2(2), 197–201.
Herly. (2014). Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Pelaksanaan Supervisi di Sekolah Dasar 015 Kempas. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 311 ‐ 831.
Nofriyaldi, & Rifma. (2019). Persepsi Guru Tentang Proses Supervisi Kepala Sekolah di SMK N 1 Payakumbuh. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(2).
Permendiknas. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah. Jakarta: BP Cipta Jaya.
Ramadhani, N. S., Hadiyanto, Sabandi, A., & Rifma. (2022). Persepsi Guru tentang Supervisi Kepala Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok. Journal Of Educational Administration And Leadership, 2(4), 359–365.
Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Kependidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Saud, U. (2009). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Ulfah, V. T., Santoso, Y., Rifma, & Ermita. (2021). Komparasi Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMKN 1 Padang Gelugur dengan SMKN 1 Rao Selatan. Journal Of Educational Administration And Leadership, 2(2), 236–242.
Yandiyanto. (2002). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung: M2M.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.