Proses Pelaksanaan Supervisi oleh Kepala Sekolah
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang terlaksananya proses pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah di SMKN 9 Padang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh informasi mengenai proses pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru SMKN 9 Padang yang berjumlah 65 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling yang mana pengambilan sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael sehingga memperoleh sampel sebanyak 49 guru. Pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menjelaskan bahwa proses pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah di SMKN 9 Padang dilihat dari aspek (1) Perencanaan supervisi memperoleh skor rata-rata 4,38 dengan kategori baik (2) pelaksanaan supervisi memperoleh skor rata-rata 4,39 dengan kategori baik (3) tindak lanjut hasil supervisi memperoleh skor rata-rata 4,24 dengan kategori baik. Secara keseluruhan proses pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah di SMKN 9 Padang berada dalam kategori baik dengan skor rata-rata 4,34.
Downloads
References
Elissa, N., Sulastri, Ermita, & Susanti, L. (2021). Persepsi Guru tentang Proses Supervisi oleh Kepala Sekolah di SMKN 2 Bukittinggi. Journal Of Educational Administration And Leadership, 2(2), 197–201.
Herly. (2014). Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Pelaksanaan Supervisi di Sekolah Dasar 015 Kempas. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 311 ‐ 831.
Nofriyaldi, & Rifma. (2019). Persepsi Guru Tentang Proses Supervisi Kepala Sekolah di SMK N 1 Payakumbuh. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(2).
Permendiknas. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah. Jakarta: BP Cipta Jaya.
Ramadhani, N. S., Hadiyanto, Sabandi, A., & Rifma. (2022). Persepsi Guru tentang Supervisi Kepala Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok. Journal Of Educational Administration And Leadership, 2(4), 359–365.
Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Kependidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Saud, U. (2009). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Ulfah, V. T., Santoso, Y., Rifma, & Ermita. (2021). Komparasi Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMKN 1 Padang Gelugur dengan SMKN 1 Rao Selatan. Journal Of Educational Administration And Leadership, 2(2), 236–242.
Yandiyanto. (2002). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung: M2M.
Copyright (c) 2022 Sumiati Ningsih, Yulianto Santoso
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the author. The author gives permission to others to use the published content in the Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) , Source of Transfer, including the author's name, Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The author grants Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) the right of first publication. Although the author remains the copyright owner.
Licence
Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.