Proses Pelaksanaan Supervisi oleh Kepala Sekolah

  • Sumiati Ningsih Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Yulianto Santoso Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Pelaksanaan Supervisi, Kepala Sekolah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang terlaksananya proses pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah di SMKN 9 Padang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh informasi mengenai proses pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru SMKN 9 Padang yang berjumlah 65 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling yang mana pengambilan sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael sehingga memperoleh sampel sebanyak 49 guru. Pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan  aplikasi SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menjelaskan bahwa proses pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah di SMKN 9 Padang dilihat dari aspek (1) Perencanaan supervisi memperoleh skor rata-rata 4,38 dengan kategori baik (2) pelaksanaan supervisi memperoleh skor rata-rata 4,39 dengan kategori baik (3) tindak lanjut hasil supervisi memperoleh skor rata-rata 4,24 dengan kategori baik. Secara keseluruhan proses pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah di SMKN 9 Padang berada dalam kategori baik dengan skor rata-rata 4,34.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Desriani. (2015). Persepsi Guru terhadap Pelaksanaan Supervisi oleh Pengawas SMK Negeri di Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 3(1), 111–759.
Elissa, N., Sulastri, Ermita, & Susanti, L. (2021). Persepsi Guru tentang Proses Supervisi oleh Kepala Sekolah di SMKN 2 Bukittinggi. Journal Of Educational Administration And Leadership, 2(2), 197–201.
Herly. (2014). Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Pelaksanaan Supervisi di Sekolah Dasar 015 Kempas. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 311 ‐ 831.
Nofriyaldi, & Rifma. (2019). Persepsi Guru Tentang Proses Supervisi Kepala Sekolah di SMK N 1 Payakumbuh. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(2).
Permendiknas. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah. Jakarta: BP Cipta Jaya.
Ramadhani, N. S., Hadiyanto, Sabandi, A., & Rifma. (2022). Persepsi Guru tentang Supervisi Kepala Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok. Journal Of Educational Administration And Leadership, 2(4), 359–365.
Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Kependidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Saud, U. (2009). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Ulfah, V. T., Santoso, Y., Rifma, & Ermita. (2021). Komparasi Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMKN 1 Padang Gelugur dengan SMKN 1 Rao Selatan. Journal Of Educational Administration And Leadership, 2(2), 236–242.
Yandiyanto. (2002). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung: M2M.
Published
2022-12-30
How to Cite
Ningsih, S., & Santoso, Y. (2022). Proses Pelaksanaan Supervisi oleh Kepala Sekolah. Journal of Educational Administration and Leadership, 3(2), 87-91. https://doi.org/10.24036/jeal.v3i2.350

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.