Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Sekolah di SMK Negeri Padang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah di SMK Negeri Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi mengenai pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI dan XII di SMK Negeri Padang yang berjumlah 831 siswa, penarikan sampel menggunakan teknik stratified proportional random sampling, besar sampel adalah 92 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Instrumen adalah model Skala Likert yang telah dilakukan uji coba menggunakaan aplikasi SPSS versi 16.0. Hasil pengolahan data tersebut diperoleh skor rata-rata persepsi siswa terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah di SMK Negeri Padang di lihat dari 1) pemeliharaan sehari-hari memperoleh skor rata-rata 4,48 dengan kategori baik, 2) pemeliharaan berkala memperoleh skor rata-rata 4,29 dengan kategori baik, 3) pemeliharaan insidentil memperoleh skor rata-rata 4,34 dengan kategori baik, 4) pemeliharaan preventif memperoleh skor rata-rata 4,56 dengan kategori sangat baik. Secara keseluiruhan pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah di SMK Negeri Padang berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,42.
Downloads
References
Barnawi & Arifin, M. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Ar-Ruzz Media.
Ekfinofriza, R., Syahril, S., Anisah, A., & Sulastri, S. (2021). Persepsi Guru Tentang Pemeliharaan Sarana Pembelajaran di SMKN 8 Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 179–182.
Gunawan, A. (2002). Administrasi Sekolah (Administrasi Pendidikan Mikro). Rineka Cipta.
Matin, & Fuad, N. (2016). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan : konsep dan aplikasinya. PT Raja Grafido Persada.
Megasari, R. (2014). PENINGKATAN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMPN 5 BUKITTINGGI. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2, 636–648.
Mustari, M. (2014). Manajemen Pendidikan. Rajawali Pers.
Nabila, R., Syahril, S., Sabandi, A., & Santoso, Y. (2021). Implementasi Standar Prasarana di SMAN Se-Kecamatan Koto Tangah Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 125–131.
Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15–23.
Nurabadi, A. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Permendiknas No. 24 Tahun 2007, (2007).
Rugaiyah. (2013). Profesi Kependidikan. Ghalia.
Salmi, R., Jasrial, J., Marsidin, S., & Irsyad, I. (2021). Persepsi Guru dalam Pengelolaan Sarana dan Prasarana di SMK N 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(6), 7641–7646.
Syahril. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Sukabina Press.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.