Implementasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer
Abstract
Asesmen Nasional adalah program penilian mutu setiap sekolah, madrasah dan program pemerataan pada jenjang Pendidikan dasar dan menengah. Pemetaan dilakukan dengan menggunakan system Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dengan tiga asesmen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey karakater dan survey lingkungan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Impelementasi Pelaksanaan ANBK di Kampung Tias Kabupaten Bulungan khususnya di SDN 006 Tanjung Palas Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa SDN 006 Tanjung Palas Tengah. Hasil dari peneletian ini menunjukkan bahwa walaupun SDN 006 Tanjung Palas Tengah berada di kawasan yang secara geografis berada di daerah 3T dengan keterbatasan berupa tidak ada nya jaringan internet, tidak ada listrik serta sarana prasarana seperti computer atau laptop yang belum memadai tapi pelaksanaan ANBK di sekolah tersebut tetap berjalan dengan lancar. Kepala sekolah dan guru mensiasati kekurangan tersebut dengan cara : 1) menumpang melaksanakan ANBK di sekolah tetangga yang sudah mempunyai jaringan internet bantuan dari Bakti Aksi Kominfo, 2) menggunakan PTLS dan menyediakan genset, 3) berkolaborasi dengan guru di sekolah tetangga dalam penyediaan laptop yang bisa digunakan siswa dalam melaksanakan ANBK.
Downloads
Copyright (c) 2023 Nurhayati Ambo, Fitri Nur Mahmudah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the author. The author gives permission to others to use the published content in the Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) , Source of Transfer, including the author's name, Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The author grants Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) the right of first publication. Although the author remains the copyright owner.
Licence
Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.