Kompetensi Professional Guru dalam Membentuk Konsep Diri Positif Siswa Madrasah
Abstract
Salah satu pihak yang mempengaruhi rendahnya kualitas pendidikan adalah guru. Tujuan penulisan ini yaitu membahas dan menganalisis suatu kajian mengenai pembinaan pendidik khususnya di bidang kompetensi profesioanal guru. Informannya adalah guru-guru tingkat madrasah tsanawiyah yang berada di wilayah Kabupaten Padang Pariaman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam ke informan. Analisis dilaksanakan secara mendalam berdasarkan data-data yang diperoleh baik dari data sekunder ataupun data primer. Data dianalisis secara deskriptif, sedangkan subjek yang diteliti adalah para guru yang berada di wilayah Kabupaten Padang Pariaman, yang berada di bawah pengawasan Kementerian agama atau madrasah. Berdasarkan hasil analisis, rendahnya kualitas Pendidikan dan perlunya peningkatan pembinaan kompetensi guru professional guru, yang dapat dilakukan melalui beberapa cara pertama penyediaan waktu dan dana secara berkala untuk mengikutsertakan guru dalam berbagai pelatihan yang dapat menunjang kinerja, kedua melakukan pengawasan dan evaluasi secara berkala, teratur dan tegas serta menindaklanjuti secara langsung hasil dari pengawasan dan evaluasi tersebut, ketiga memberikan target kepada para guru untuk menghasilkan suatu karya di bidang Pendidikan dan pembelajaran, minimal satu karya satu semester, dan keempat adanya program reward dan punishman dalam peningkatan professional guru
Downloads
References
Asri, D. N. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya konsep diri remaja (studi kualitatif pada siswa SMPN 6 Kota Madiun). Jurnal Konseling Gusjigang, 6(1).
Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis kompetensi profesional guru. Jambura Journal of Educational Management, 122–130.
BPS. (2022). Padang Pariaman dalam Angka.
Budianti, Y., Dahlan, Z., & Sipahutar, M. I. (2022). Kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(2), 2565–2571.
Fendrik, M., & Antosa, Z. (2018). EDUCATION POLICY SD TOWARDS A NEW PARADIGM THROUGH THE PROFESSIONALISM OF TEACHER. Jurnal Basicedu, Vol. 1, pp. 22–32. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i2.3
Gistituati, N. (2017). Manajemen Pendidikan Landasan Teori dan Perkembangan (2nd ed.). Padang: SUKABINA Press.
Gomes, F. C. (2003). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Andi Offset.
Hamzah, B. U. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. , Pemerintah Indonesia § (2005).
Koriati, E. D., Syam, A. R., & Ariyanto, A. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar Dalam Proses Pembelajaran. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 5(2), 85–95.
Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Era Digital. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205–222.
Mia, Y. G., & Sulastri, S. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 49–55.
Neli, A., Mustar, S., & Hartini, H. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Etos Kerja Guru Terhadap Konsep Diri Siswa Mts Swasta di Kecamatan Rupit Musrawas Utara. IAIN CURUP.
Uno, H. B. (2014). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif.
Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya. Cetakan keempat belas. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.