Kendala guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di kelas rendah pada sekolah dasar

  • Silvia Herlina Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Indonesia
  • Indra Jaya Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Indonesia
Keywords: Kendala Guru, Kreativitas Belajar Siswa, Masa Pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada masa Covid-19 di kelas rendah pada Sekolah Dasar Negeri 09 Ulakan Tapakis. Fokus penelitian yaitu tentang kendala guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi kendala guru kelas rendah dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa selama pandemi Covid-19 di SDN 09 Ulakan Tapakis. Metode pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang detail dan valid. Tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap hasil laporan, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pedoman wawancara, prosedur pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber sedangkan analisis data yang digunakan yaitu menjelaskan, menguraikan, dan menggambarkan sesuai permasalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama dalam pembelajaran daring di SDN 09 Ulakan Tapakis meliputi aspek sarana, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Guru menghadapi kesulitan dalam menyusun RPP berbasis daring dan luring serta menghadapi tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran yang kurang efektif karena keterbatasan akses teknologi, sehingga memerlukan dukungan lebih kuat untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa secara efektif selama pandemi Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abroto, A., Prastowo, A., & Anantama, R. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1632–1638.

Ananda, R., Nurpadila, N., Putri, D. K., & Putri, Z. J. (2023). Analisis Keterampilan Profesional Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6638–6646.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Azzahra, S., Maryanti, R., & Wulandary, V. (2022). Problems faced by elementary school students in the online learning process during the Covid-19 pandemic. Indonesian Journal of Multidiciplinary Research, 2(2), 245–256.

Husna, A., Suriani, A., & Nisa, S. (2024). Kendala dan Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa SDN 11 Ranah Batahan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 240–248.

Kamarudin, K., & Yana, Y. (2021). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Start A Question Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 213–219.

Kusmiati, E., Chabibah, N., & Rizkiah, M. K. (2021). Penerapan Model Pictorial Riddle Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Tahsinia, 2(2), 114–123.

Kusmiati, K. (2022). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas siswa sekolah dasar. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(2), 206–211.

Ni’mah, A. (2022). Upaya guru dalam meningkatkan kreativitas berpikir peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 173–179.

Rahayu, S., Rossari, D. V., Wangsanata, S. A., Saputri, N. E., & Saputri, N. D. (2021). Hambatan guru sekolah dasar dalam melaksanakan kurikulum sekolah penggerak dari sisi manajeman waktu dan ruang di era pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5759–5768.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2).

Rosnaeni, R., & Prastowo, A. (2021). Kendala Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19: Kasus di SDN 24 Macanang Kabupaten Bone. Jurnal Basicedu, 5(4), 2241–2246.

Sari, D. D. (2021). Permasalahan guru sekolah dasar selama pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 27–35.

Shagiakhmetova, M. N., Bystritskaya, E. V, Demir, S., Stepanov, R. A., Grishnova, E. E., & Kryukova, N. I. (2022). Primary teachers difficulties related to compulsory distance education during COVID-19. Contemporary Educational Technology, 14(2),

Published
2024-05-30
How to Cite
Herlina, S., & Jaya, I. (2024). Kendala guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di kelas rendah pada sekolah dasar. Journal of Educational Administration and Leadership, 4(4), 143-147. https://doi.org/10.24036/jeal.v4i4.480

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.