Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di sekolah menengah kejuruan

  • Yuni Novia Karneli Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yulianto Santoso Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Keywords: Persepsi, Pelaksanaan, Ekstrakurikuler Pramuka

Abstract

Dalam dunia pendidikan, tidak hanya menyediakan pendidikan formal saja namun didalamnya juga terdapat pendidikan non formal yang pelaksanaannya diluar jam pelajaran sekolah salah satunya yaitu ekstrakurikuler pramuka. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan hasil penelitian tentang persepsii siswa terhadap pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di SMK N 1 Ampek Nagari. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu: aspek minat, aspek motivasi, aspek sikap, aspek perhatian, aspek apresiasi, aspek harapan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan populasi sebanyak 196 orang siswa di SMK N 1 Ampek Nagari. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Adapun pengumpulan datanya menggunakan angket skala likert yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Dengan hasil uji coba validitas didapatkan 51 butir valid dan 3 butir tidak valid serta hasil uji coba reliabilitas r Hitung = 0,980 sedangkan r tabel dengan taraf signifikan 5% dengan N = 20 adalah 0,444. Jadi r Hitung > r tabel untuk Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka yaitu (0,980 > 0,444) penelitian Reliabel. Setelah itu, data penelitian dianalisis menggunakan rumus mean (rata-rata). Hasil penelitian menunjukkan persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka di SMK N 1 Ampek Nagari dilihat dari aspek minat dikategorikan baik, dari aspek sikap dikategori baik, dari aspek motivasi dikategorikan cukup baik, dari aspek perhatian dikategorikan cukup baik, dari aspek apresiasi dikategorikan baik, dari aspek harapan dikategorikan baik. Sehingga secara keseluruhan hasil pengelolaan data mengenai persepsi siswa terhadap pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di SMK N 1 Ampek Nagari adalah 3,6 dikategorikan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alex Sobur. (2013). Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Pustaka Setia.

Andi Sukirman. (2018). Pembentukan Karakter melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Pustaka Pendidikan.

Anggia Tamara, Ahmad Sabandi, Hanif Al Kadri, Y. S. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pads Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kecamatan Padang Timur. JOURNAL OF EDUCATIONAL ADMINISTRATION AND LEADERSHIP, 2(1), 139–142.

Denis Desfriyati, Mustika Khoirunnisa Kholillah, Nurassyifa Qurotul Aini, R. L. (2024). Analisis Hambatan Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka Sekolah Dasar Di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(1), 123–131.

Febri Yuriani. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Di Madrasah Tsanawiah Negeri 12 Pesisir Selatan (MTSN 12 PESSEL). Universitas Negeri Padang.

Haryanto. (2017). Antusiasme Siswa terhadap Ekstrakurikuler Pramuka. Gadjah Mada University Press.

Henny Utarsih, Ianda Rezana, I. A. (2020). Pengaruh Brand Trust dan Costumer Satisfaction terhadap Costumer Loyalty Pada Produk Sabun Mandi Cair Lifebuoy Di Bandung. Jurnal Indonesia Membangun, 19(2), 115–129.

Nur, S. R. J. N. dan L. (2022). Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler pramuka berbasis online flipped learning. Jurnal Santiaji Pendidikan, 12(1).

Pungki Randha Krisna, Mustiningsih, D. E. K. (2018). Persepsi dan sikap siswa tentang kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 364–371.

Rikayana, Muhammad Jafar, Y. M. (2021). Minat Siswa Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 7(1), 21–29.

Rohana, Intan Rahmawati, F. A. (2020). The Implementation of Scouting Extracurricular in Building Students’ Character. International Journal of Elementary Education, 4(3), 400–405.

Sestika Susanti, Supriadi, Deswalantri, J. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dan Tahfidz di SMPN 4 Kecamatan Bukit Barisan Kabupaten 50 Kota. : Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(4), 270–279.

Silva Ardiyanti, D. K. (2021). Hakikat Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Kualitas Diri Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 167–180.

Sri Maryati, D. (2022). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Mewujudkan Tujuan Pendidikan Islam di SMPN 29 Palembang. Jurnal Sustainable, 5(2), 385–396.

Sugiyono. (2011). Metodelogi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sukirman. (2018). Peran Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Siswa. Pustaka Pendidikan.

Trisnaningrum, D. (2013). Meningkatkan minat mengikuti kegiatan kepramukaan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas - x 4 sma negeri 11 semarang. Universitas Negeri Semarang.

Wahyanto Budi, D. (2016). Khazanah Kepramukaan Indonesia. PT. Intan Sejati Klaten.

Wulan Juliani Putri, M. Husen, N. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler (Suatu Penelitian Kajian Literatur). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 7–12.

Yuliana, M. Jaya Adi Putra, Z. A. (2020). Faktor-faktir yang mempengaruhi motivasi siswa sekolah dasar dalam mengikuti aktivitas pramuka penggalang. Jurnal penelitian ilmu pendidikan, 3(2).

Published
2024-06-30
How to Cite
Karneli, Y., & Santoso, Y. (2024). Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di sekolah menengah kejuruan. Journal of Educational Administration and Leadership, 4(4), 148-155. https://doi.org/10.24036/jeal.v4i4.483

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.