Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi tentang masalah yang muncul selama pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di SMK Negeri Kota Padang. Penelitian ini menyelidiki berbagai aspek implementasi proyek, termasuk pemahaman tentang proyek, desain ekosistem, manajemen proyek, dokumentasi dan laporan hasil P5, dan evaluasi. Penelitian ini melibatkan 243 guru dari SMK Negeri Kota Padang. Penelitian ini melibatkan 71 individu. Metode sampel acak proporsional stratified digunakan untuk pengambilan sampel.Penelitian ini menggunakan angket model skala likert yang memiliki lima opsi untuk jawaban. Setelah menguji validitas dan kredibilitas angket penelitian, data diolah menggunakan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya untuk meningkatkan profil siswa Pancasila di SMK Negeri Kota Padang berhasil, dengan skor rata-rata tertinggi 4,41 dan skor rata-rata terendah 3,84.
Downloads
References
Adhalia Zatalini. (2023). Implementasi Penilaian pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAS Santun Untan Pontianak Pontianak. Jurnal Ilmiah Edukatif, 9(2), 148–154. https://doi.org/10.37567/jie.v9i2.2545
Anton, & Trisoni, R. (2022). Konstribusi Keterampilan 4c Terhadap Projek Penguatan Propil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(3), 528–535. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i3.1895
Denaya Mehra Syaharani, & Achmad Fathoni. (2023). The Implementation of P5 Local Wisdom Themes in the Independent Curriculum in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i1.56422
Dzata Rahmah, H., Ummah, L., Siti aulia fauzia, Rahmadani, S., & Hasanah, L. (2022). Studi Literatur Perbandingan Pembelajaran Pancasila dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di PAUD. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 179–189. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2516
Fahri, A., Yuliantri, R. D. A., Khoiriyah, F., & Triansyah, F. A. (2023). Creating Students with Superior Character: Implementation of P5 Project in Mobilizing Schools. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(2), 627–640. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i2.2800
H. Masrik, H. M. (2019). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Guna Meningkatkan Hasil Belajar Materi Menemukan Ide Bacaan Teks Di Smp. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 3(2), 208. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v3i2.41215
Handoko, B., Mustadi, A., & Febrilia, Y. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) SD Negeri 1 Bantul. 8(5), 876–892. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6126
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, D. T. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. November.
Kepmendikbudristekdikti. (2022). Pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Menpendikbudristek, 1–112. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220711_121315_Fix Salinan JDIH_Kepmen Perubahan 56 Pemulihan Pembelajaran.pdf
Nurfirda. (2023). Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menurut Teori Aktivitas Engestrom.
Pertiwi, G. A. B. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di Sd Negeri 2 Jogomertan Skripsi.
Pujawardani, H. H., Suganda, A., & Warta, W. (2023). Analisis Manajemen Pembelajaran Untuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Bina Taruna Bojongsoang Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 515–530. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4657
Satria, R., Adiprima, P., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta, 138.
Wulandari, R. N. (2023). Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka di SD ‘Aisyiyah Kota Malang. Journal Um Surabaya, 121–128.
Copyright (c) 2025 Salma Meyindra, Hanif Al Kadri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.