Pengaruh Partisipasi dan Disiplin Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 16 Rimbo Karambia. Masalah ini muncul diperkirakan karena rendahnya partisipasi siswa dan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, dimana partisipasi siswa saat mengikuti pelajaran rendah, kurang patuh nya siswa terhadap peraturan yang ada di sekolah, banyak siswa yang kurang fokus saat pelajaran sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Partisipasi Siswa Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 16 Rimbo Karambia Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN16 Rimbo Karambia. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling total. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket, observasi dan dokumentası, Instrumen penelitian yang digunakan berupa pengisian angket yang dilaksanakanya di akhir penelitian. Teknik analisis data dengan cara: uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan partisipasi siswa (X1), disiplin belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 7,698 > 1.721 (ttabel). Artinya semakin baik partisipasi siswa (X1), disiplin belajar (X2), maka semakin baik pula hasil belajar siswa kelas V SDN 16 Rimbo Karambia Kabupaten Padang Pariaman. Sebaliknya semakin buruk partisipasi siswa (X1), disiplin belajar (X2) maka semakin rendah pula hasil belajar siswa kelas V SDN 16 Rimbo Karambia Kabupaten Padang Pariaman, maka Keputusan yang diambil adalah Ha diterima Ho ditolak. Maka dapat disimpulkun bahwa terdapat Pengaruh Partisipasi Siswa Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 16 Rimbo Karambia.
Downloads
References
Ahmed, S., & Hasan, M. (2022). Investigating the impact of classroom participation on students’ academic performance: A cross‐country study. International Journal of Educational Development, 88, 102543.
Amri, S. (2013). Pengembangan & model pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, S. (2016). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyi Mirdanda. (2018). Motivasi berprestasi dan disiplin peserta didik. Pontianak: Yudha English Gallery.
Cahya, S. B. (2015). Pengaruh disiplin dan partisipasi siswa terhadap prestasi belajar melaksanakan komunikasi bisnis siswa SMK di kecamatan Dawarblandong dengan percaya diri sebagai variabel moderasi. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 3(1).(Halaman tidak tersedia.)
Chen, R., & Zhang, Y. (2021). Effects of student participation on academic performance: A longitudinal study. International Journal of Educational Research, 105, 101–112.
Davis, M., & Wilson, P. (2023). Classroom engagement and academic achievement: The moderating role of self‐discipline. Journal of School Psychology, 81, 85–99.
Emzir. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of Educational Research, 74(1), 59–109.
Hattie, J. (2009). Visible learning: A synthesis of over 800 meta‐analyses relating to achievement. Routledge.
Jihad, A. (2012). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kumar, A., & Sharma, R. (2021). Enhancing academic performance through student engagement: A structural equation modeling approach. Computers & Education, 165, 104136.
Lee, J., & Park, H. (2020). Academic performance and the effects of disciplined learning strategies in primary education. Asia Pacific Journal of Education, 40(1), 50–66.
Li, Y., & Wang, X. (2020). The impact of classroom engagement on academic achievement among primary school students. Journal of Educational Research, 113(3), 234–245.
Mulyasa, E. (2004). Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto. (2022). Penerapan pendidikan karakter disiplin untuk meningkatkan hasil belajar. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Ramirez, L., & Morales, M. (2020). The role of classroom discipline and participation in predicting academic achievement. Educational Psychology, 40(4), 451–468.
Roberts, K., & Chen, S. (2021). The interplay between student engagement, self‐discipline, and academic outcomes: A meta‐analytic review. Review of Educational Research, 91(4), 567–592.
Skinner, E. A., & Belmont, M. J. (1993). Motivation in the classroom: Reciprocal effects of teacher behavior and student engagement. Journal of Educational Psychology, 85(4), 571–581.
Slameto. (2013). Belajar dan faktor‐faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukses Dakhi, A. (2020). Kiat sukses meningkatkan disiplin siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sudjana, N. (2004). Dasar‐dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.
Suryosubroto. (2009). Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Susilowati, H. S. (2005). Pengaruh disiplin belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas X semester I tahun ajaran 2004/2005 SMAN 1 Gemolong Kabupaten Sragen [Skripsi tidak dipublikasikan]. Universitas Negeri Semarang.
Syah, M. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tu’u. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta, Indonesia: Lembaran Negara Republik Indonesia.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. (2003). Tentang sistem pendidikan nasional. (Informasi penerbit tidak tersedia.)
Zepke, N., & Leach, L. (2010). Improving student engagement: Ten proposals for action. Active Learning in Higher Education, 11(3), 167–177.
Zhao, L., & Li, J. (2023). Exploring the mediating role of self‐discipline in the relationship between class participation and academic success. Asia-Pacific Education Review, 24(1), 123–140.
Copyright (c) 2025 Silvia Herlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.