Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bayang
Bahasa Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai pengelolaan perpustakaan sekolah terkait perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Informan penelitian adalah kepala perpustakaan, guru, dan siswa di Sekolah Menengah Atas 2 Bayang. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu menentukan informan tanpa pandangan tertentu orang yang paling tahu tentang pengelolaan perpustakaan tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan studi dokumentasi. Informasi dan data yang telah dihimpun dilakukan analisis  menggunakan analisis data Miler & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan tentang pengelolaan perpustakaan sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bayang secara keseluruhan dapat dikatakan cukup baik.
Downloads
References
Hikmat. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hs., L. (2009). Manajemen Perpustakaan Sekolah. (A. Maya, Ed.). Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Ibrahim, B. (2009). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Miles, & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.
Siahaan, A. (2012). Administrasi Satuan Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 43 Tahun 2007.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.