Etos Kerja Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kota Padang

  • Miftah Jannah Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nelfia Adi Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Syahril Syahril Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Irsyad Irsyad Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Etos Kerja, Pegawai Negeri Sipil

Abstract

Hasil penelitian ini memiliki tujuan bahwa untuk menemukan informasi terkait tanggapan pegawai terhadap etos kerja pada Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral pada aspek disiplin, kerjasama, tanggung jawab, kreativitas serta ketelitian. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang diambil keseluruhan pegawai Kantor DESDM sebanyak 78 orang maka besar sampel yang di ambil 44 responden. Data yang dikumpulkan menggunakan angket yang sudah di uji coba validitas dan realibitas. Rumus rata-rata digunakan untuk mengolah data hasil penelitian. Data yang menunjukkan bahwa tanggapan pegawai mengenai etos kerja pada Kantor DESDM pada aspek (1) disiplin berada pada taraf “tinggi” dengan nilai 3,76, (2) kerjasama pada taraf “tinggi” dengan nilai 3,74, (3) tanggung jawab pada taraf “cukup tinggi” dengan nilai 3,58, (4) kreativitas pada taraf “tinggi” dengan nilai 3,76, (5) ketelitian pada taraf “tinggi” dengan nilai 3,86. Dapat disimpulkan tanggapan pegawai terhadap etos kerja di Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral berada pada taraf tinggi dengan nilai 3,74.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mastuti, E. (2005). Analisis Faktor Alat Ukur Kepribadian Big Five (Adaptasi dari IPIP) pada Mahasiswa Suku Jawa. Insan.
S.C Utami Munandar. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan. In Kreativitas dan Keberbakatan.
Sastrohadiwiryo, S. (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia : (Pendekatan Administrasi dan Operasional). Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Tasmara, Toto. 2002. Membudayakan Etos Kerja Islam. Jakarta: Gema Insani
Sunarto, Komanto. 2000. Pengantar Sosiologi: Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Published
2021-05-31
How to Cite
Jannah, M., Adi, N., Syahril, S., & Irsyad, I. (2021). Etos Kerja Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kota Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 1(4), 127-130. https://doi.org/10.24036/jeal.v1i4.88

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.