Persepsi Siswa terhadap Disiplin Kerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 8 Padang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai persepsi siswa terhadap disiplin kerja guru pada SMKN 8 Padang yang dilihat dari tepat waktu, ketaatan terhadap aturan dan tanggung jawab. Penelitian ini adalah deskriptip dengan pendekatan kuantitatif. Siswa pada kelas XI di SMKN 8 Padang merupak populasi pada penelitian dengan jumlah 395 siswa dengan pengambilan sampel 10% yaitu 80 orang. Penelitian ini memakai teknik proportiional random sampling. Instrument penelitian ini berupa kuisioner dengan Scala Likert. Kuisioner yang digunakan itu sudah di uji kevalitan dan reliabelnya. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang disiplin kerja guru di SMK Negeri 8 Padang dilihat dari aspek 1) tepat waktu berada dalam kriteria cukup baik dan tingkat capaian skor 70,8%, 2) ketaatan terhadap aturan berada dalam kriteria cukup baik dan tingkat capaian skor 74%, 3) tanggung jawab berada pada kategori cukup baik dan tingkat capaian skor 71%, dengan demikian ditarik kesimpulan bahwa disiplin kerja guru di SMK Negeri 8 Padang menurut persepsi siswa berada padam kategori cukup baik dengan TCR 72%.
Downloads
References
Adib, F & Santoso., B. 2016. “Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dengan Disiplin Kerja Guru.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1(No.1):198-203.
Alfred, R. Lateiner. 2002. Teknik Memimpin Pegawai Dan Pekerja. Jakarta: Aksara Baru.
Anoraga, Pandji. 2009. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineke Cipta.
Hasibuan. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Moenir. 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Nellitawati. 2012. “Konribusi Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap DisiplIin Kerja Guru SMA Negeri Di Kecamatan Koto Tangah Padang. (Volume. . No.2), 24-31.” Jurnal Imliah Ilmu Pendidikan XIII(2):24–31.
Pemerintah Indonesia. 2008. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Tugas Pokok Guru. Indonesia.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
Rahman. (2014). Peningkatan Disiplin Kerja Guru Di Sekolah Dasar Yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Administrasi Pendidikan (Volume 2 Nomor 1), 1-831
Rahimia, M. & Karkami, F.H. The role of teachers’ classroom discipline in their teaching effectiveness and students’ language learning motivation and achievement: A path method. Iranian Journal of Language Teaching Research 3(1), (Jan., 2015) 57-82
Rivai, Mulyadi. 2012. Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Salim, A. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Kerja Guru. Jurnal Pendas Mahakam (Vol.1 No.1), 69-79
Sudjana, Nana. (2010). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2012). Statistik untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Supriadi, Eddi & Yusof, Abdul Raheem M. (2015). Relationship between Instructional Leadership of Headmaster and Work Discipline and Work Motivation and Academic Achievement in Primary School at Special Areas of Central Jakarta. Journal of Education and Learning; Vol. 4, No. 3
Uno, &. Hamzah. 2012. Teori Kinerja Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo. 2015. Prilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Fajar Interpratama Offset.
Rahmadani, S., Rifma, R., Ermita, E., & Sulastri, S. Main Article Content.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.