http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/issue/feedJournal of Educational Administration and Leadership2025-05-26T17:05:00+00:00Yulianto Santosojeal@ppj.unp.ac.idOpen Journal SystemsJournal of Educational Administration and Leadership (JEAL)http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/article/view/485Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri2024-11-06T16:20:07+00:00Salma Meyindrasalmaicha21@gmail.comHanif Al Kadrihanifalkadri@fip.unp.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi tentang masalah yang muncul selama pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di SMK Negeri Kota Padang. Penelitian ini menyelidiki berbagai aspek implementasi proyek, termasuk pemahaman tentang proyek, desain ekosistem, manajemen proyek, dokumentasi dan laporan hasil P5, dan evaluasi. Penelitian ini melibatkan 243 guru dari SMK Negeri Kota Padang. Penelitian ini melibatkan 71 individu. Metode sampel acak proporsional stratified digunakan untuk pengambilan sampel.Penelitian ini menggunakan angket model skala likert yang memiliki lima opsi untuk jawaban. Setelah menguji validitas dan kredibilitas angket penelitian, data diolah menggunakan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya untuk meningkatkan profil siswa Pancasila di SMK Negeri Kota Padang berhasil, dengan skor rata-rata tertinggi 4,41 dan skor rata-rata terendah 3,84.</p>2024-11-06T16:19:35+00:00##submission.copyrightStatement##http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/article/view/491Pengaruh konsep diri terhadap motivasi berprestasi siswa sekolah menengah pertama2024-11-18T04:12:32+00:00Silvi Irindasilviirinda9@gmail.comHanif Al Kadrihanifalkadri@fip.unp.ac.id<p>Konsep diri dan motivasi berprestasi siswa adalah dua variabel penting perlu diteliti dalam ilmu administrasi pendidikan. banyak faktor yang mempengruhi motivasi berprestasi salah satunya konsep diri. Penelitian ini bertujuan guna mendapatkan informasi mengenai konsep diri, motivasi berprestasi, serta pengaruh antara keduanya di SMP Negeri Kecamatan Pantai Cermin. Metode yang dipakai pada penelitian ini kuantitatif, sampelnya di ambil dengan teknik <em>Stratified Propotional Random Sampling</em>. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis korelasi dan regresi sederhana. Hasil pengolahan data didapati motivasi berprestasi sudah dalam kriteria baik, konsep diri sudah dalam kriteria baik, serta adanya hubungan yang signifikan sebesar 40,5% dari kedua variabel sehingga dapat disimpulkan konsep diri memiliki pengaruh terhadap motivasi berprestasi siswa di Sekolah menengah pertama negeri kecamatan pantai cermin.</p>2024-11-18T02:57:46+00:00##submission.copyrightStatement##http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/article/view/511Pengaruh Partisipasi dan Disiplin Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa2025-02-07T12:31:58+00:00Silvia HerlinaSilviaherlina1987@gmail.com<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 16 Rimbo Karambia. Masalah ini muncul diperkirakan karena rendahnya partisipasi siswa dan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, dimana partisipasi siswa saat mengikuti pelajaran rendah, kurang patuh nya siswa terhadap peraturan yang ada di sekolah, banyak siswa yang kurang fokus saat pelajaran sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Partisipasi Siswa Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 16 Rimbo Karambia Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN16 Rimbo Karambia. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling total. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket, observasi dan dokumentası, Instrumen penelitian yang digunakan berupa pengisian angket yang dilaksanakanya di akhir penelitian. Teknik analisis data dengan cara: uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan partisipasi siswa (X1), disiplin belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 7,698 > 1.721 (ttabel). Artinya semakin baik partisipasi siswa (X1), disiplin belajar (X2), maka semakin baik pula hasil belajar siswa kelas V SDN 16 Rimbo Karambia Kabupaten Padang Pariaman. Sebaliknya semakin buruk partisipasi siswa (X1), disiplin belajar (X2) maka semakin rendah pula hasil belajar siswa kelas V SDN 16 Rimbo Karambia Kabupaten Padang Pariaman, maka Keputusan yang diambil adalah Ha diterima Ho ditolak. Maka dapat disimpulkun bahwa terdapat Pengaruh Partisipasi Siswa Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 16 Rimbo Karambia.</p>2025-02-07T12:27:38+00:00##submission.copyrightStatement##http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/article/view/515Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap iklim sekolah di SMK Negeri Kota Padang2025-05-26T13:02:08+00:00Dhiya Nabila Hermandhiyanabilaherman29@gmail.comSulastri Sulastrisulastri_aip@fip.unp.ac.idIrsyad Irsyadirsyad1122@fip.unp.ac.idFifin Wildanahfifinwildanah@fip.unp.ac.id<p>Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang berkaitan dengan kepemimpinan transformasional dan iklim sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana iklim sekolah, kepemimpinan transformasional dan apakah terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap iklim sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap iklim sekolah di SMK Negeri Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK Negeri Kota Padang yang berjumlah 635 orang dan sampel ditentukan menggunakan teknik <em>Stratified Proportional Random Sampling </em>sebanyak 100 orang<em>. </em>Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan model skala likert yang dirancang untuk mengukur dua variabel, yaitu kepemimpinan transformasional dan iklim sekolah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi sederhana untuk menguji hubungan antara kedua variabel. Penngolahan data dan hasil perhitungan dengan bantuan SPSS 26, menjelaskan bahwa iklim sekolah sudah berada pada kategori sangat efektif dengan tingkat capaian 94,98% dan kepemimpinan transformasional juga sudah berada pada kategori sangat baik dengan tingkat capaian 93,90%. Adapun pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap iklim sekolah SMK Negeri Kota Padang sebesar 11,5%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa semakin baik kepemimpinan transformasional kepala sekolah, maka semakin efektif iklim sekolah SMK Negeri Kota Padang.</p>2025-05-26T10:29:51+00:00##submission.copyrightStatement##http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/article/view/514Hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMK Negeri Kecamatan Padang Barat2025-05-26T17:05:00+00:00Intan Prigandaniprigandaniintan@gmail.comYulianto Santosoyuliantosantoso@fip.unp.ac.idRifma Rifmarifma34@gmail.comNikmah Hayatinikmahhayati12@fip.unp.ac.id<p>Tujuan penelitian membahas tentang hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMK Negeri Kecamatan Padang Barat. Peneliti bertujuan untuk 1) mendapatkan informasi mengenai kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya di SMK Negeri Kecamatan Padang Barat, 2) mendapatkan informasi mengenai kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya di SMK Negeri Kecamatan Padang Barat, 3) mengetahui apakah terjadi hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMK Negeri Kecamatan Padang Barat. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik penelitian korelasional untuk melihat melihat hubungan antara variabel. Penarikan sampel pada penelitian ini memakai metode <em>Proportional</em><em> Stratified Random Sampling. </em>Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil 1) kinerja guru di SMK Negeri Kecamatan Padang Barat yang terdiri dari indikator inisiatif, komunikasi, disiplin, kualitas kerja dan ketepatan kerja sudah terlaksana dengan sangat baik dengan rata-rata 95,41. 2) kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri Kecamatan Padang Barat yang terdiri dari indikator menggerakkan, mempengaruhi, membimbing dan mengarahkan sudah terlaksana dengan sangat baik dengan sangat baik dengan rata-rata 94,4. 3) variabel kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru diperoleh signifikan sebesar 2,202 > 1,672, sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan kepemimpinan kepala sekolah berkorelasi positif terhadap kinerja guru di SMK Negeri Kecamatan Padang Barat.</p>2025-05-26T17:04:58+00:00##submission.copyrightStatement##