http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/issue/feed Journal of Educational Administration and Leadership 2024-02-15T06:20:53+00:00 Yulianto Santoso jeal@ppj.unp.ac.id Open Journal Systems Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/article/view/467 Mutu pendidikan dalam perspektif Islam 2024-02-15T06:20:53+00:00 Ansori Ansori ansori1183@gmail.com Supangat Supangat Barqialjawawi@gmail.com Kasful Anwar Us kasfulanwarus@uinjambi.ac.id <p>Mutu pendidikan dalam perspektif Islam menjadi subjek penelitian yang penting dalam upaya meningkatkan kualitas lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara konsep mutu dalam Islam dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu dalam lembaga pendidikan Islam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitis dengan melakukan tinjauan pustaka terhadap sumber-sumber teks keislaman serta literatur terkait manajemen mutu pendidikan. Teknik analisis melibatkan sintesis dan evaluasi terhadap informasi dari berbagai sumber untuk menyoroti keterkaitan antara prinsip-prinsip Islam dan konsep mutu pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep mutu dalam Islam, terutama yang tercermin dalam konsep ihsan, menekankan pentingnya melakukan tindakan dengan baik, penuh dedikasi, dan kesungguhan. Hal ini memengaruhi proses perencanaan, pengendalian, dan pelaksanaan dalam lembaga pendidikan Islam. Temuan penting lainnya adalah tantangan dalam menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam mutu pendidikan, terutama terkait kurangnya pemahaman dan implementasi yang menyeluruh. Simpulan umum dari penelitian ini adalah bahwa nilai-nilai Islam, khususnya konsep ihsan, memiliki keterkaitan yang kuat dengan manajemen mutu pendidikan. Pentingnya adaptasi prinsip-prinsip agama dengan praktik mutu modern menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Implikasi dari penelitian ini menyoroti perlunya integrasi nilai-nilai Islam dengan prinsip-prinsip mutu dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam, yang dapat menjadi landasan bagi peningkatan kualitas pendidikan yang sesuai dengan tuntutan zaman dan nilai-nilai agama yang tinggi.</p> 2023-12-30T08:36:58+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/article/view/465 Implementasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer 2023-12-30T15:49:38+00:00 Nurhayati Ambo 2207046005@webmail.uad.ac.id Fitri Nur Mahmudah 2207046005@webmail.uad.ac.id <p>Asesmen Nasional adalah program penilian mutu setiap sekolah, madrasah dan program pemerataan pada jenjang Pendidikan dasar dan menengah. Pemetaan dilakukan dengan menggunakan system Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dengan tiga asesmen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey karakater dan survey lingkungan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Impelementasi Pelaksanaan ANBK di Kampung Tias Kabupaten Bulungan khususnya di SDN 006 Tanjung Palas Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa SDN 006 Tanjung Palas Tengah. Hasil dari peneletian ini menunjukkan bahwa walaupun SDN 006 Tanjung Palas Tengah berada di kawasan yang secara geografis berada di daerah 3T dengan keterbatasan berupa tidak ada nya jaringan internet, tidak ada listrik serta sarana prasarana seperti computer atau laptop yang belum memadai tapi pelaksanaan ANBK di sekolah tersebut tetap berjalan dengan lancar. Kepala sekolah dan guru mensiasati kekurangan tersebut dengan cara : 1) menumpang melaksanakan ANBK di sekolah tetangga yang sudah mempunyai jaringan internet bantuan dari Bakti Aksi Kominfo, 2) menggunakan PTLS dan menyediakan genset, 3) berkolaborasi dengan guru di sekolah tetangga dalam penyediaan laptop yang bisa digunakan siswa dalam melaksanakan ANBK.</p> 2023-12-30T15:48:54+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/article/view/466 Kajian manajemen mutu terpadu pendidikan di perguruan tinggi 2023-12-30T15:57:28+00:00 Supangat Supangat Barqialjawawi@gmail.com M Syahran Jaelani Barqialjawawi@gmail.com Harlina Harja Barqialjawawi@gmail.com Ilta Delastri Barqialjawawi@gmail.com <p>This research aims to analyze the concept and implementation of Integrated Quality Management (IQM) within the realm of higher education institutions. The research method employed here is a systematic literature review to construct a comprehensive overview of IQM within the context of higher education. The analysis technique involves article retrieval, text review, data categorization, and synthesis of relevant information. The research findings indicate that IQM in higher education involves the integration of various management components to enhance the quality of education, teaching, research, and institutional governance. In conclusion, the implementation of IQM can strengthen the overall quality of higher education institutions, but it requires a well-integrated approach among various elements to achieve these objectives.</p> 2023-12-30T15:57:26+00:00 ##submission.copyrightStatement##