http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/issue/feed Journal of Educational Administration and Leadership 2025-08-09T05:33:05+00:00 Yulianto Santoso jeal@ppj.unp.ac.id Open Journal Systems Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/article/view/535 Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Padang 2025-08-09T05:32:35+00:00 Nesa Agmilda nesaagmilda31@gmail.com Nurhizrah Gistituati gistituatinurhizrah@gmail.com Ahmad Sabandi sabandi@fip.unp.ac.id Hendri Budi Utama hendribudiutama@fip.unp.ac.id <p>Permasalahan terkait implementasi kurikulum merdeka di SMAN Se-Kota Padang menjadi alasan utama dilaksanakannya penelitian ini. Fokus kajian diarahkan pada Tingkat pengetahuan, pemahaman, serta keterampilan guru pada perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran. Populasi penelitian mencakup 1.004 guru SMA Negeri di Kota Padang, sedangkan sampel penelitian ditetapkan sebanyak 70 orang guru melalui rumus Slovin memakai teknik <em>Stratified Proportional Random Sampling ,</em>yaitu pemilihan sampel secara acak yang disesuaikan dengan golongan guru. Kuesioner model skala likert digunakan sebagai alat penelitian, dan memiliki 76 butir pernyataan dan lima alternatif pilihan: Sangat Baik (SB), Baik (B), Sudah Cukup (SC), Masih Kurang (MK), serta Tidak/Belum (TB). Sebelum disebarkan, instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan SPSS versi 26. Perhitungan nilai rata-rata kemudian digunakan untuk menilai data yang dikumpulkan dan mengkarakterisasikan temuan penelitian.</p> 2025-08-05T05:43:15+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/article/view/534 Efektivitas Program Guru Penggerak di SMP Negeri Kota Pariaman 2025-08-09T05:32:40+00:00 Aprillycia Intan Maharani intanaprillycia@gmail.com Hanif Al Kadri hanifalkadri@fip.unp.ac.id Nellitawati Nellitawati nellitawati@fip.unp.ac.id Hendri Budi Utama hendribudiutama@fip.unp.ac.id <p>Permasalahan terkait efektivitas program guru penggerak di SMPN Kota Pariaman menjdi alasan utama dilaksanakannya penelitian ini. fokus kajian diarahkan pada aspek ketepatan waktu, ketersediaaan sarana prasarana, dan pencapaian tujuan program. Populasi penelitian mencakup 425 orang yang terdiri dari teman sejawat guru penggerak dan siswa yang pernah belajar dengan guru penggerak, sedangkan sampel penelitian ditetapkan sebanyak 84 orang melalui rumus Slovin memakai teknik <em>Propotional Random Sampling</em>, yaitu pemilihan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi. Kuesioer mode skala likert digunakan sebagai alat penelitian, dan memiliki 40 butir pernyataan yang memiliki lima alternatif jawaban: Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup Baik (CB), Kurang Baik (KB), Tidak Baik (TB). Sebelum disebarkan, instrumen di uji validitas dan reliabilitasnya menggunakan SPSS versi 27. Perhitungan nilai rata-rata kemudian untuk menilai data yang dikumpulkan dan mengkarakteristikan temuan penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa Efektivitas Program Guru penggerak di SMPN Kota Pariaman dalam hal 1). Ketepatan waktu memperoleh skor rata-rata 3,51. 2). Ketersediaan sarana prasarana memperoleh skor rata-rata 3,53. 3). Pencapaian tujuan memperoleh skor rata-rata 3,38 berada pada kategori cukup baik. Secara keseluruhan efektivitas program guru peggerak di SMPN Kota Pariaman memperoleh skor rata-rata 3,47. Temuan ini menunjukan bahwa Efektivitas Program Guru Penggerak di SMPN Kota Pariaman masih berada pada kategori cukup pada ketiga aspek yang diteliti.</p> 2025-08-09T04:20:38+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/article/view/539 Pengaruh Pengawasan Kepala Sekolah terhadap Pengelolaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Menegah Atas Negeri Se-Kecamatan Koto Tangah 2025-08-09T05:32:57+00:00 Nina Putri Cania ninacania2002@gmail.com Tia Ayu Ningrum tiaayuningrum@fip.unp.ac.id Rifma Rifma rifmar34@gmail.com Singgih Ginanjar singgihginanjar@fip.unp.ac.id <p>Penelitian ini berfokus pada isu yang berkaitan dengan pengelolaan P5 yang dipengaruhi oleh pengawasan kepala sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh pengawasan kepala sekolah terhadap pengelolaan P5 di SMA Negeri Se-Kecamatan Koto Tangah. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini yaitu guru di SMA Negeri Se-Kecamatan Koto Tangah yang berjumlah 202 orang dan pengambilan sampel diambil dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling dengan menghitung ukuran sampel menggunakan rumus krejcie dan morgan yaitu 137 guru. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang dirancang dengan Skala Likert untuk mengukur dua variabel yaitu pengawasan kepala sekolah dan pengelolaan P5. Analisis data&nbsp;dilakukan dengan menggunakan&nbsp;teknik statistik deskriptif&nbsp;serta&nbsp;analisis regresi sederhana&nbsp;untuk&nbsp;menguji hubungan&nbsp;antara&nbsp;kedua variabel&nbsp;tersebut. Hasil pengolahan data menggunakan SPSS menunjukkan bahwa pengelolaan P5 tergolong sangat efektif, sementara pengawasan kepala sekolah juga dinilai sangat baik. Pengaruh pengawasan kepala sekolah terhadap pengelolaan P5 di SMA Negeri Se-Kecamatan Koto Tangah sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pengawasan kepala sekolah, semakin efektif pula pengelolaan P5 di SMA Negeri Se-Kecamatan Koto Tangah. Disarankan agar kepala sekolah terus memperbaiki mutu pengawasan untuk mendukung keberhasilan pengelolaan P5, melalui pelatihan, kolaborasi, pemantauan dan penilaian yang berkelanjutan.</p> 2025-08-09T04:27:14+00:00 ##submission.copyrightStatement##