Persepsi Guru Tentang Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah di SMA Negeri Se-Kecamatan Batang Anai

  • Sri Rahayu Administrasi Pendidikan , Universitas Negeri Padang
  • Yulianto Santoso Administrasi Pendidikan , Universitas Negeri Padang
Keywords: Kompetensi, kompetensi kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan penulis selama melaksanakan praktek lapangan manajemen dan informasi yang diperoleh dari beberapa orang guru mengenai Persepsi Guru Tentang Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah di SMA Negeri Se-Kecamatan Batang Anai dalam hal menciptakan inovasi, memiliki motivasi yang kuat untuk sukses, memiliki naluri kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dengan skor rata-rata (mean). Jumlah populasi padalam penelitian ini sebanyak 111 orang guru, dengan sampel penelitian diambil dengan teknik stratified cluster sampling dengan rumus Cochran sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 orang guru. Instrumen penelitian ini menggunakan model skala likert yang memiliki 5 alternatif jawaban. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukan bahwa instrumen kompetensi kewirausahaan kepala sekolah tersebut valid dan reliabel. Data penelitian ini diolah dengan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 16. Hasil analisis data persepsi guru tentang kompetensi kewirausahaan kepala sekolah di SMA Negeri Se-Kecamatan Batang Anai menunjukkan bahwa 1) menciptakan inovasi dengan capaian skor rata-rata 4,31 dalam kategori baik, 2) memiliki motivasi dengan capaian skor rata-rata 4,32 dalam kategori baik, 3) memiliki naluri kewirausahaan dengan capaian skor rata-rata 4,28 dalam kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-28
How to Cite
Rahayu, S., & Santoso, Y. (2023). Persepsi Guru Tentang Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah di SMA Negeri Se-Kecamatan Batang Anai. Journal of Educational Administration and Leadership, 3(4), 225-229. https://doi.org/10.24036/jeal.v3i4.307

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.