Persepsi Guru Tentang Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah di SMA Negeri Se-Kecamatan Batang Anai
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan penulis selama melaksanakan praktek lapangan manajemen dan informasi yang diperoleh dari beberapa orang guru mengenai Persepsi Guru Tentang Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah di SMA Negeri Se-Kecamatan Batang Anai dalam hal menciptakan inovasi, memiliki motivasi yang kuat untuk sukses, memiliki naluri kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dengan skor rata-rata (mean). Jumlah populasi padalam penelitian ini sebanyak 111 orang guru, dengan sampel penelitian diambil dengan teknik stratified cluster sampling dengan rumus Cochran sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 orang guru. Instrumen penelitian ini menggunakan model skala likert yang memiliki 5 alternatif jawaban. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukan bahwa instrumen kompetensi kewirausahaan kepala sekolah tersebut valid dan reliabel. Data penelitian ini diolah dengan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 16. Hasil analisis data persepsi guru tentang kompetensi kewirausahaan kepala sekolah di SMA Negeri Se-Kecamatan Batang Anai menunjukkan bahwa 1) menciptakan inovasi dengan capaian skor rata-rata 4,31 dalam kategori baik, 2) memiliki motivasi dengan capaian skor rata-rata 4,32 dalam kategori baik, 3) memiliki naluri kewirausahaan dengan capaian skor rata-rata 4,28 dalam kategori baik.
Downloads
Copyright (c) 2023 Sri Rahayu, Yulianto Santoso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the author. The author gives permission to others to use the published content in the Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) , Source of Transfer, including the author's name, Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The author grants Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) the right of first publication. Although the author remains the copyright owner.
Licence
Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.