Disiplin Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Batusangkar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menggambarkan tingkat disiplin belajar siswa di SMK Negeri 2 Batusangkar. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi pada peneltian ini yaitu semua siswa di SMK Negeri 2 Batusangkar dengan jumlah 285 orang siswa. Penarikan sampel menggunakan teknik acak atau simple random sampling. Sumber data pada penelitian ini adalah beberapa orang siswa yang telah terpilih menjadi sampel dan guru yang menjadi wali kelas sebanyak 16 orang. Pada penelitian ini alat pengumpulan data berupa angket dengan menggunakan model skala linkert dan untuk melakukan uji validitas dan reliabilitas angket dibantu dengan oleh aplikasi SPSS 28.0. Hasil penelitian menunjukkan disiplin belajar siswa dilihat dari persepsi siwa yaitu : 1) disiplin dalam kelas termasuk di tingkat tinggi dengan jumlah skor 3,60 2) disiplin waktu termasuk di tingkatan sangat tinggi dengan jumlah skor 3,82; 3) disiplin sikap termasuk di tingkatan tinggi dengan jumlah skor 3,67 dan 4) disiplin mengerjakan tugas termasuk di tingkatan sedang dengan jumlah skor 319. Sedangkan berdasarkan persepsi wali kelas yaitu: 1) disiplin dalam kelas termasuk di tingkatan sedang dengan jumlah skor 3,33; 2) disiplin waktu termasuk di tingkatan sedang dengan jumlah skor 3,31; 3) disiplin sikap termasuk di tingkatan sedang dengan jumlah skor 3,01 dan 4) disiplin mengerjakan tugas dengan tingkatan sedang dengan skor rata-rata 3,02.
Downloads
References
Dakhra, A. S., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2021). Persepsi Siswa terhadap Disiplin Kerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Negeri 8 Padang. JOURNAL OF EDUCATIONAL ADMINISTRATION AND LEADERSHIP, 2(1), 23–29.
Juliandi, Y. (2014). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAS Taman Mulia. 203.
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0), 745–751.
Ma’sumah, S. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan II Kecamatan Pertahanan Kabupaten Kebumen. Skripsi, 29.
Maharani, S., & Gistituati, N. (2021). Persepsi Siswa tentang Kemampuan Pengelolaan Kelas Guru di SMK Negeri 1 Painan. Journal Of Educational Administration And Leadership, 2(1), 36–40. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX
Purbiyanti, R. ; A. R. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341–361.
Rosesti, W. (2014). Pembinaan Disiplin Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNP, 2, 772–780.
Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa melalui Manajemen Kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 122. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8113
Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279
Wardi,Ilham, Nelfiadi. (2019). Pembinaan Displin Siswa Oleh Guru Di SMK Negeri 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 38(4), 1–10.
Yadriyan, M., & dkk. (2021). Pembinaan Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Padang. Journal Of Educational Administration and Leadership, 1(4), 93–96. Retrieved from http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/article/view/69/38
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.