Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 8 Padang

  • Fhira Werci Venidariya Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Lusi Susanti Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Persepsi Siswa, Kompetensi Profesional Guru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan penulis bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru di SMK Negeri 8 Padang. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 396 orang dan sampel 80 orang  menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen berupa angket dengan model Skala Likert. Hasil pengolahan skor rata-rata persepsi siswa tentang: menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu yaitu 3,37, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu yaitu 2,83, mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif yaitu 2,63, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif yaitu 2,85 dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi mengembangkan diri yaitu 3,43. Secara keseluruhan menurut persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru berada pada kategori cukup mampu dengan skor rata-rata 3,02.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-27
How to Cite
Venidariya, F., & Susanti, L. (2023). Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 8 Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 3(3), 174-178. https://doi.org/10.24036/jeal.v3i3.283

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.