Pemeliharaan Sarana Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait dengan pemeliharaan sarana pembelajaran yang dilihat pada indikator pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, pemeliharaan insidental, dan pemeliharaan preventif di SMK Swasta Kecamatan Guguak Panjang. Jenis penelitian ini yaitu deskkriptif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 162 guru. Menghitung besar penentu sampel dengan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% melalui teknik Proportionate Stratified Random Sampling yang memperoleh total sampel sebanyak 67 guru. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dengan menggunakan skala Likert yang mempunyai lima alternatif jawaban. Uji coba validitas dan reliabilitas dibantu oleh program SPSS 29.0 for winndows. Angket dinyatakan valid pada tingkat kesalahan 10% dengan rho hitung 0,776 dan reliabel dengan r hitung 0,957 besar dari rho tabel 0,60 . Teknik analisis dengan menggunakan mean. Hasil penelitian menunjukan pemeliharaan sarana pembelajaran yang dilihat dari aspek; 1) pemeliharaan rutin terdapat pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,49; 2) pemeliharaan berkala terdapat pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,96; 3) pemeliharaan insidental terdapat pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,41; dan 4) pemeliharaan preventif terdapat pada kategori baik dengan skor baik dengan skor rata-rata 4,42. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa persepsi guru tentang pemeliharaan sarana pembelajaran berada pada kategori baik dengan capaian hasil 4,43
Downloads
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.