Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kenagarian Air Bangis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai persepsi guru terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah dilihat dari indikator pengaruh ideal, motivasi, sitmulasi intelektual dan perhatian individu di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kenagarian Air Bangis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se- Kenagarian Air Bangis berjumlah 74 guru. Penentuan besar ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin, penarikan menggunakan teknik stratified proportional random sampling dengan total 44 guru. Jumlah sampel penelitian ini adalah 44 orang. Instrumen yang digunakan angket dengan model skala likert dan dilakukan pengujian validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data yang sudah terkumpul dilakukan analisis dengan mencari rata-rata dan mengkategorikan tingkat capaiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tentang: (1) pengaruh idea 4,5 (2) motivasi 4,0, (3) stimulus intelektual 4,2 dan (4) perhatian individu 4,2. Jadi persepsi guru terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kenagarian Air Bangis. termasuk kategori baik dengan skor rata-rata 4,2.
Downloads
References
Afridzal. (2018). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Bejalar Siswa Sebagai Motivasi Di SDN 19 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 5(1).
Ancok, D. (2012). Psikologi Kepemimpinan dan Inovas. Earlangga.
Andrian, I. (2014). GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA SEKOLAH UNGGUL (Studi di SMA Negeri 1 Sumatera Barat). Ejournal.Unp.Ac.Id, 2(1), 320–327.
Darma, M., & Sulastri, A. (2022). Persepsi guru tentang kecerdasan emosi kepala sekolah di sekolah menengah kejuruan negeri. 2(3), 286–290.
Gusman, H. E. (2014). Dengan Kinerja Guru Di Smp N Kecamatan. 2, 293–301.
Hamami, L. F. & T. (2012). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan Islam.
Intan, D. (2016). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Guru dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXIII No.2.
Iwa, K. (2016). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Tarbawi, Volumen 2.
Mulyadi, H. (2014). Hubungan Kepemimpinan Dengan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman. Ejournal.Unp.Ac.Id, 2(1), 303–831.
Mulyasa. (2015). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Sinar Grafika Offset.
Potu, A. (2013). Kepemimpinan, Motivasi, dan Lingkungan Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kanwil Ditjen Kekayaan Negera Sulluttengo dan Maluku Utara di Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen Bisnis dan Akutansi, 1 (4), 1208–1218.
Purwati. (2014). Persepsi guru tentang kepemimpinan transfromasional kepala sekolah dasar di kecamatan kismantoro kabupaten wonogirl.
Robbins, P.S, Judge, T. A. (2005). Organization Behavior . London. Pearson Education Limited.
Setiawan, Bahar Agus, dan Muhith, A. (2014). Transformasional Leadership Ilustrasi di Bidang Organisasi Pendidikan. Raja Grafindo.
Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Preamedia Group.
Taufik, M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Wahana Karya Ilmiah_Pascasarjana(S2) PAI Unsika, Vol. 3 No.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. (2017). Manajemen Pendidikan Alfabeta.
Ulfah, V. T., Santoso, Y., Santoso, Y., Rifma, R., & Ermita, E. (2021). Komparasi Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMKN 1 Padang Gelugur dengan SMKN 1 Rao Selatan. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 236–242.
UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.
Wibawa, A. (2012). Kepemimpinan Transaksional dsn Kepemimpinan Tranformasional.
Wisda, R. S. (2021). Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri. JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(4), 358–363.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.