Persepsi Guru terhadap Kepemimpinan Instructional Kepala Sekolah dalam Mengelola Program Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan se-Kecamatan Pasaman
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti tentang kepemimpinan instructional kepala sekolah dalam mengelola program pembelajaran yang kurang maksimal. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh data dan informasi mengenai persepsi guru terhadap kepemimpinan instructional kepala sekolah dalam mengelola program pembelajaran di SMK se-Kecamatan Pasaman dilihat dari 1) supervisi pembelajaran, 2) menjalin hubungan harmonis, 3) mengkoordinasikan kurikulum, 4) memantau kemajuan siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 108 orang guru, teknik pengambilan sampel dengan stratified random sampling yang berjumlah 52 orang guru. Instrumen penelitian menggunakan model skala Likert, teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata (mean). Angket telah diuji validitas dengan rho hitung 0,896 besar dari rho tabel 0,450 pada N= 20 diperoleh 48 item dinyatakan valid dan 2 item dinyatakan tidak valid. Reliabilitas angket dengan rho hitung 0,990 besar dari rho tabel 0,444. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap kepemimpinan instructional kepala sekolah dalam mengelola program pembelajaran di SMK se-Kecamatan Pasaman dalam hal: 1) supervisi pembelajaran pada kriteria mampu dengan skor rata-rata 4,5, 2) menjalin hubungan harmonis pada kriteria mampu dengan skor rata-rata 4,5, 3) mengkoordinasikan kurikulum pada kriteria mampu dengan skor rata-rata 4,4, 4) memantau kemajuan siswa pada kriteria mampu dengan skor rata-rata 4,4. Secara keseluruhan dapat disimpulkan kepemimpinan instructional kepala sekolah dalam mengelola program pembelajaran berada pada kriteria mampu dengan skor rata-rata 4,4. Walaupun demikian, sangat diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan kepemimpinan instructional kepala sekolah dalam mengelola program pembelajaran untuk mempermudah memajukan dunia pendidikan.
Downloads
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.