Persepsi Guru terhadap Peran Kepala Sekolah sebagai Inovator di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se-Kabupaten Padang Pariaman
Abstract
Tujuan penelitian ini pertama, menemukan gagasan baru, kedua mengimplementasikan ide-ide baru, ketiga keteladanan, keempat menjalin hubungan harmonis dengan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di sekolah menengah kejuruan negeri se-kabupaten padang pariaman dengan jumlah 221 orang guru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 orang guru dengan teknik Stratified Random Sampling. Instrument penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk Skala Likert yang sudah diuji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus rata-rata (mean), yang menghasilkan data; 1) memiliki gagasan baru berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,22, 2) mengimplementasikan gagasan baru berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,15, 3) keteladanan berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,31, 4) menjalin hubungan harmonis dengan lingkungan berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4, 37. Kesimpulan keseluruhan peran kepala sekolah sebagai inovator di SMKN se-kabupaten padang pariaman menurut persepsi guru berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,24.
Downloads
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.