Motivasi Kerja Tenaga Administrasi Sekolah Di SMKN Se-Kota Padang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gejala rendahnya motivasi kerja tenaga administrasi sekolah di SMKN Se-Kota Padang. Tujuan dari penelitian untuk mendapatkan informasi mengenai motivasi kerja tenaga administrasi sekolah di SMKN Se-Kota Padang dilihat dari tanggung jawab, semangat kerja, disiplin dan pengembangan diri. Penelitian ini berjenis deskriptif yang populasi penelitiannya adalah tenaga administrasi sekolah di SMKN Se-Kota Padang sebanyak 134 orang. Sampel penelitian berjumlah 61 orang yang ditarik menggunakan teknik Stratified Propotional Random Sampling. Instrumen pengumpul data menggunakan kuesioner model skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menggambarkan bahwa 1) tanggung jawab tenaga administrasi sekolah dalam bekerja di SMKN Se-Kota Padang memperoleh skor rata 4,47 termasuk kategori tinggi, 2) semangat kerja tenaga administrasi sekolah dalam bekerja di SMKN Se-Kota Padang 4,15 yang termasuk kategori tinggi, 3) disiplin tenaga administrasi sekolah dalam bekerja 4,32 yang termasuk kategori tinggi, 4) pengembangan diri tenaga administrasi sekolah dalam bekerja 3,60 yang termasuk kategori tinggi. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja tenaga administrasi sekolah di SMKN Se-Kota Padang berada di kategori tinggi dengan perolehan rata-rata 4,13.
Downloads
References
Andora, D., Hadiyanto, Anisah, & Susanti, L. (2021). Pengaruh Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Pegawai di Dinas PMPTSP Naker Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4079–4086.
Aslindawati, N., Sulfaidah, Amaliah, N. W., Rismawanti, E., Khaerunisa, & Muhammad Fahreza W. (2022). Pengaruh Komitmen Kerja , Motivasi Kerja dan Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru. Bahana Manajemen Pendidikan, 11, 110–114.
B. Uno, H. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.
Gistituati, N. (2017). Manajemen Pendidikan Landasan Teori Dan Perkembangannya (2nd ed.). Sukabina Press.
Hesty Dwi Febriani. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behaviaor (Ocb) Karyawan Pt. Pelindo Iii (Persero) Cabang Tanjung Perak Surabaya. Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 19(2), 88–99.
Jannah, M., Nellitawati, Ermita, & Santoso, Y. (2022). Hubungan Iklim Organisasi dengan Kinerja Pegawai di Kantor Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi. Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL), 2(4), 329–336.
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa (A. Kamsyach (ed.); 1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Nellitawati, N. (2012). Kontribusi Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru SMA Negeri Di Kecamatan Koto Tangah Padang. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2).
Nurpina, S. (2016). Pengaruh Penghargaan (Reward) Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Kerja Guru Sma Negeri Di Kabupaten Sukabumi. Manajemen Pendidikan, 7(1), 1337–1345.
Pratama, R., Hadiyanto, Ermita, & Adi, N. (2021). Persepsi dan Harpan Guru terhadap Iklim Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Padang. Journal Educational Administration and Leadership, 1(3), Hal. 53-61.
Putri, M. I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Susanti, L. (2021). Hubungan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SD Se-Gugus III Kecamatan Koto XI Tarusan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4341–4348.
Rahayu, F. (2021). Semangat Kerja Pada Pegawai Dinas Provinsi dan PKM Provinsi Sumbar. Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL), 2(1), 52–55.
Rohmah, E. Y. (2016). 6-Mengembangkan Karakter Tanggungjawab Pada Pembelajar. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 3, 36–54.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.