Motivasi Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi

  • Ismatul Husnah Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Sabandi Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Hadiyanto Hadiyanto Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nelfia Adi Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Motivasi, Motivasi Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendapatkan informasi tentang Motivasi Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, dilihat dari indikator intensitas (intensity), ketekunan (persistence), arah perilaku (direction of behaviour), tingkat usaha (level of effort). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Populasi penelitian adalah pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat yang berjumlah 170 orang. Dengan sampel penelitian sebanyak 61 responden, menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan model skala likert yang memiliki lima alternatif jawaban. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen motivasi kerja pegawai tersebut valid dan reliabel. Kemudian data di dalam penelitian ini diolah menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 25. Hasil analisis data motivasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat menunjukkan bahwa 1) intensitas (intensity) dengan capaian skor rata-rata 4,06 dalam kategori tinggi, 2) ketekunan (persistence) dengan capaian skor rata-rata 4,01 dalam kategori tinggi, 3) arah perilaku (direction of behaviour) dengan capaian skor rata-rata 4,11 dalam kategori tinggi, 4) tingkat usaha (level of effort) dengan capaian skor rata-rata 4,07 dalam kategori tinggi. Jadi motivasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat secara keseluruhan mendapat skor rata-rata 4,06 dengan kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-30
How to Cite
Husnah, I., Sabandi, A., Hadiyanto, H., & Adi, N. (2024). Motivasi Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi. Journal of Educational Administration and Leadership, 4(3), 108-112. https://doi.org/10.24036/jeal.v4i3.355

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.