Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dengan Iklim Organisasi di SMK Negeri 4 Padang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh informasi mengenai hubungan antara komunikasi interpersonal guru dengan iklim organisasi di SMK Negeri 4 Padang yang dilihat dari sudut pandang keterbukaan, empati, dukungan, perasaan positif, kesetaraan (variabel X) dan kebebasan, kehangatan, kepercayaan, tanggung jawab (variabel Y). Seluruh guru di SMK Negeri 4 Padang menjadi populasi di penelitian sebanyak 96 orang guru dengan sampel sebanyak 50 orang guru yang ditentukan berdasarkan teknik propotionate statified random sampling. Instrument menggunakan kuesioneri skala Likert yang telah dites untuk mengamati validitas dan reliabelitas angket. Kesimpulannya adalah Kaitan yang signifikan antara komunikasi interpersonal guru dengan iklim organisasi di SMK Negeri 4 Padang.
Downloads
References
Fujiaturrahman, Sukron. 2018. “Hubungan Iklim Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru.” Jurnal Elementary 1(1):31. doi: 10.31764/elementary.v1i1.143.
Liana, Y. 2012. “Iklim Organisasi Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru.” Jurnal Manajemen, 1(2).
Liliweri, Alo. 2014. Sosiologi Dan Komunikasi Organisasi. jakarta: Bumi Aksara.
Nawawi, Hadari. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif. jakarta: Gadjah MAda University Press.
Nellitawati, N., & Yurmanita, Y. 2019. “Hubungan Komunikasi Interpersonal Dengan Kepuasan Kerja Pegawai Di Dinas Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Indonesia 5(1):35–39.
Prihatsanti, Unika, and Kartika Sari Dewi. 2010. “Hubungan Antara Iklim Organisasi Dan Organizational Citizenship Behavior.” Jurnal Psikologi Undip.
Wisnuwardhani, Dian &. Mashoedi Ffatmawati Sri. 2012. Hubungan Interpersonal. jakarta: Salemba Humanika.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.