Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dengan Iklim Organisasi di SMK Negeri 4 Padang

  • Framesti Regita Cahyani Sari Anggota
  • Nellitawati Nellitawati Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Sufyarma Sufyarma Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Hadiyanto Hadiyanto Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Iklim Organisasi, Komunikasi Interpersonal Guru

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh informasi mengenai hubungan antara komunikasi interpersonal guru dengan iklim organisasi di SMK Negeri 4 Padang yang dilihat dari sudut pandang keterbukaan, empati, dukungan, perasaan positif, kesetaraan (variabel X) dan kebebasan, kehangatan, kepercayaan, tanggung jawab (variabel Y). Seluruh guru di SMK Negeri 4 Padang menjadi populasi di penelitian sebanyak 96 orang guru dengan sampel sebanyak 50 orang guru yang ditentukan berdasarkan teknik propotionate statified random sampling. Instrument menggunakan kuesioneri skala Likert yang telah dites untuk mengamati validitas dan reliabelitas angket. Kesimpulannya adalah Kaitan yang signifikan antara komunikasi interpersonal guru dengan iklim organisasi di SMK Negeri 4 Padang. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azrimul, A., and M. Masyhuri. 2013. “Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dengan Iklim Organisasi Guru SMA Negeri 1 XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar-Riau.” Menara 12(1):56–65.
Fujiaturrahman, Sukron. 2018. “Hubungan Iklim Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru.” Jurnal Elementary 1(1):31. doi: 10.31764/elementary.v1i1.143.
Liana, Y. 2012. “Iklim Organisasi Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru.” Jurnal Manajemen, 1(2).
Liliweri, Alo. 2014. Sosiologi Dan Komunikasi Organisasi. jakarta: Bumi Aksara.
Nawawi, Hadari. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif. jakarta: Gadjah MAda University Press.
Nellitawati, N., & Yurmanita, Y. 2019. “Hubungan Komunikasi Interpersonal Dengan Kepuasan Kerja Pegawai Di Dinas Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Indonesia 5(1):35–39.
Prihatsanti, Unika, and Kartika Sari Dewi. 2010. “Hubungan Antara Iklim Organisasi Dan Organizational Citizenship Behavior.” Jurnal Psikologi Undip.
Wisnuwardhani, Dian &. Mashoedi Ffatmawati Sri. 2012. Hubungan Interpersonal. jakarta: Salemba Humanika.
Published
2020-12-28
How to Cite
Cahyani Sari, F., Nellitawati, N., Sufyarma, S., & Hadiyanto, H. (2020). Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dengan Iklim Organisasi di SMK Negeri 4 Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 1(2), 8-12. https://doi.org/10.24036/jeal.v1i2.51

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.