Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dengan Iklim Organisasi di SMK Negeri 4 Padang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh informasi mengenai hubungan antara komunikasi interpersonal guru dengan iklim organisasi di SMK Negeri 4 Padang yang dilihat dari sudut pandang keterbukaan, empati, dukungan, perasaan positif, kesetaraan (variabel X) dan kebebasan, kehangatan, kepercayaan, tanggung jawab (variabel Y). Seluruh guru di SMK Negeri 4 Padang menjadi populasi di penelitian sebanyak 96 orang guru dengan sampel sebanyak 50 orang guru yang ditentukan berdasarkan teknik propotionate statified random sampling. Instrument menggunakan kuesioneri skala Likert yang telah dites untuk mengamati validitas dan reliabelitas angket. Kesimpulannya adalah Kaitan yang signifikan antara komunikasi interpersonal guru dengan iklim organisasi di SMK Negeri 4 Padang.
Downloads
References
Fujiaturrahman, Sukron. 2018. “Hubungan Iklim Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru.” Jurnal Elementary 1(1):31. doi: 10.31764/elementary.v1i1.143.
Liana, Y. 2012. “Iklim Organisasi Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru.” Jurnal Manajemen, 1(2).
Liliweri, Alo. 2014. Sosiologi Dan Komunikasi Organisasi. jakarta: Bumi Aksara.
Nawawi, Hadari. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif. jakarta: Gadjah MAda University Press.
Nellitawati, N., & Yurmanita, Y. 2019. “Hubungan Komunikasi Interpersonal Dengan Kepuasan Kerja Pegawai Di Dinas Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Indonesia 5(1):35–39.
Prihatsanti, Unika, and Kartika Sari Dewi. 2010. “Hubungan Antara Iklim Organisasi Dan Organizational Citizenship Behavior.” Jurnal Psikologi Undip.
Wisnuwardhani, Dian &. Mashoedi Ffatmawati Sri. 2012. Hubungan Interpersonal. jakarta: Salemba Humanika.
Copyright (c) 2020 Journal of Educational Administration and Leadership
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the author. The author gives permission to others to use the published content in the Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) , Source of Transfer, including the author's name, Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The author grants Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) the right of first publication. Although the author remains the copyright owner.
Licence
Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.