Efektivitas Program Guru Penggerak di SMP Negeri Kota Pariaman
Abstract
Permasalahan terkait efektivitas program guru penggerak di SMPN Kota Pariaman menjdi alasan utama dilaksanakannya penelitian ini. fokus kajian diarahkan pada aspek ketepatan waktu, ketersediaaan sarana prasarana, dan pencapaian tujuan program. Populasi penelitian mencakup 425 orang yang terdiri dari teman sejawat guru penggerak dan siswa yang pernah belajar dengan guru penggerak, sedangkan sampel penelitian ditetapkan sebanyak 84 orang melalui rumus Slovin memakai teknik Propotional Random Sampling, yaitu pemilihan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi. Kuesioer mode skala likert digunakan sebagai alat penelitian, dan memiliki 40 butir pernyataan yang memiliki lima alternatif jawaban: Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup Baik (CB), Kurang Baik (KB), Tidak Baik (TB). Sebelum disebarkan, instrumen di uji validitas dan reliabilitasnya menggunakan SPSS versi 27. Perhitungan nilai rata-rata kemudian untuk menilai data yang dikumpulkan dan mengkarakteristikan temuan penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa Efektivitas Program Guru penggerak di SMPN Kota Pariaman dalam hal 1). Ketepatan waktu memperoleh skor rata-rata 3,51. 2). Ketersediaan sarana prasarana memperoleh skor rata-rata 3,53. 3). Pencapaian tujuan memperoleh skor rata-rata 3,38 berada pada kategori cukup baik. Secara keseluruhan efektivitas program guru peggerak di SMPN Kota Pariaman memperoleh skor rata-rata 3,47. Temuan ini menunjukan bahwa Efektivitas Program Guru Penggerak di SMPN Kota Pariaman masih berada pada kategori cukup pada ketiga aspek yang diteliti.
Downloads
References
Faiz, A. (2019). Program Pembiasaan Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah. PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 5(20).
Islamiah, N., Fazriah, A., & Sigiro, W. B. (2024). Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Sebagai Pendukung Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(1), 173-178.
Kemdikbudristek. (2022). Permendikbudristek Nomor 26 Tahun 2022 tentang Pendidikan Guru Penggerak
Lubis, R. R., Amelia, F., Alvionita, E., Nasution, I. E., & Lubis, Y. H. (2023). Peran guru penggerak dalam meningkatkan pemerataan kualitas kinerja guru. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 33(1), 70-82. https://doi.org/10.52030/attadbi r.v33i1.170.
Marlina, S., Qalbi, Z., & Putera, R. F. (2020). Efektivitas kemerdekaan belajar melalui bermain terhadap karakter anak tk baiturridha kabupaten padang pariaman. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 83-90.
Qulsum, D. U., & Hermanto, H. (2022). Peran guru penggerak dalam penguatan profil pelajar Pancasila sebagai ketahanan pendidikan karakter abad 21. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(3), 315-330.
Riowati, R., & Yoenanto, N. H. (2022). Peran Guru Penggerak Pada Merdeka Belajar Untuk Memperbaiki Mutu Pendidikan di Indonesia. Journal Of Education and Instruction (Joeai), 5(1), Hal 1-16.
Rohman, M. F., Sudirman, S., Waluyo, U., Sumardi, L., & Fahruddin, F. (2023). Evaluasi Program Pendidikan Guru Penggerak di Kabupaten Lombok Utara NTB. Jurnal Paedagogy, 10(4), 1128-1137.
Siomlimbona, L. D., Kempa, R., Sahalessy, A., & Rumfot, S. (2024). Analisis efektivitas guru penggerak dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD Negeri 87 Ambon Kecamatan Sirimau Kota Ambon. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1489–1500.
Tululi, I. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2013 Tahun 2022. Jakarta
Wijaya, M., Ramadhani, I. I., & Priyatama, T. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Audit Tenure Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. Majalah Imiah Manajemen dan Bisnis, 21(2), 69-81.
Copyright (c) 2025 Aprillycia Intan Maharani, Hanif Al Kadri, Nellitawati Nellitawati, Hendri Budi Utama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.