Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Padang

  • Nesa Agmilda Administrasi Pendidikan
  • Nurhizrah Gistituati Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Sabandi Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Hendri Budi Utama Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka

Abstract

Permasalahan terkait implementasi kurikulum merdeka di SMAN Se-Kota Padang menjadi alasan utama dilaksanakannya penelitian ini. Fokus kajian diarahkan pada Tingkat pengetahuan, pemahaman, serta keterampilan guru pada perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran. Populasi penelitian mencakup 1.004 guru SMA Negeri di Kota Padang, sedangkan sampel penelitian ditetapkan sebanyak 70 orang guru melalui rumus Slovin memakai teknik Stratified Proportional Random Sampling ,yaitu pemilihan sampel secara acak yang disesuaikan dengan golongan guru. Kuesioner model skala likert digunakan sebagai alat penelitian, dan memiliki 76 butir pernyataan dan lima alternatif pilihan: Sangat Baik (SB), Baik (B), Sudah Cukup (SC), Masih Kurang (MK), serta Tidak/Belum (TB). Sebelum disebarkan, instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan SPSS versi 26. Perhitungan nilai rata-rata kemudian digunakan untuk menilai data yang dikumpulkan dan mengkarakterisasikan temuan penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alkadri, H., Santoso, Y., Widiawati, W., & Wildanah, F. (2024). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Dalam Rangka Mewujudkan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Abdi Masyarakat, 7(2), 301–315. https://doi.org/10.30737/jaim.v7i2.5122.
Jurais, M. (2023). Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Melalui Penerepan Model Pjbl Pada Materi Baca Al-Qur’an Surah At-Tin Di Kelas Iv Sdn 63 Kendari. Al-Muhtarif: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(5), 1(5), 975-990.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesa Research Center, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174.
Masri, Rusdinal, and Nurhizrah Gistituati. 2023. “Implementasi Kebijakan Pendidikan Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Riset Tindakan Indonesia 8(4):347–52.
Meilia, M., & Murdiana, M. (2019). Pendidik Harus Melek Kompetensi Dalam Menghadapi Pendidikan Abad Ke-21. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(1), 88-104.
Muna & Fathurrahman, M. (2019). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15-22.
Novalita, R. (2014). Pengaruh Perencanaan Pembelajaran Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran (Suatu Penelitian terhadap Mahasiswa PPLK Program Pendidikan Geografi FKIP Universitas Almuslim). Lentera, 14(2), 56–61.
Sabirin. (2012). Perencanaan Kepala Sekolah Tentang Pembelajaran. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9(1), 111–128.
Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran; Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kencana.
Santika, I. D., & Khoiriyah, B. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Relevansi Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4827-4832.
Suryapermana,N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi, 3(02), 183–193.
Published
2025-08-05
How to Cite
Agmilda, N., Gistituati, N., Sabandi, A., & Utama, H. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 5(2), 67-73. https://doi.org/10.24036/jeal.v5i2.535

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.