Analisis kontribusi gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru di madrasah ibtidaiyah

  • Marlinda Marlinda Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Indra Jaya Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Nasional, Indonesia
  • Hadiyanto Hadiyanto Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Nellitawati Nellitawati Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Hanif Al Kadri Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Keywords: Gaya Kepemimpinan, Kinerja Guru, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Gaya kepemimpinan dan kinerja guru merupakan variabel yang sering dibahas dalam kajian ilmu perilaku. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kontribusi gaya kepemimpinan kepala madrasah, yang mencakup gaya otoriter, pengasuh, berorientasi pada tugas, dan partisipatif, terhadap kinerja guru madrasah ibtidaiyah yang diukur melalui empat dimensi utama. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Ishlah, Kota Batam Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang aktif mengajar di madrasah tersebut, sebanyak 40 orang. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap utama. Pertama, analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan kecenderungan umum data yang diperoleh dari responden. Kedua, uji asumsi klasik. Ketiga, analisis regresi linear berganda. Hasil Penelitian mendukung hipotesis utama bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara masing-masing gaya kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru dalam proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bass, B. M. (1985). Leadership and performance beyond expectations. New York: Free Press.
Goleman, D. (1998). Emotional intelligence: Why it can matter more than IQ. Bantam Books.
Judge, T. A., Bono, J. E., Ilies, R., & Gerhardt, M. W. (2004). Personality and leadership: A qualitative and quantitative review. Journal of Applied Psychology, 89(4), 751–765.
Luthans, F. (2002). Positive organizational behavior: Developing and managing psychological strengths. Academy of Management Executive, 16(1), 57–72.
Maslow, A. H. (1943). A theory of human motivation. Psychological Review, 50(4), 370–396.
Podsakoff, P. M., MacKenzie, S. B., Moorman, R. H., & Fetter, R. (1990). Transformational leader behaviors and their effects on followers' trust in leader, satisfaction, and organizational citizenship behaviors. Leadership Quarterly, 1(2), 107–142.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational behavior. Pearson.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yukl, G. (2002). Leadership in Organizations (5th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
Published
2025-07-30
How to Cite
Marlinda, M., Jaya, I., Hadiyanto, H., Nellitawati, N., & Kadri, H. (2025). Analisis kontribusi gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru di madrasah ibtidaiyah. Journal of Educational Administration and Leadership, 5(1), 57-66. https://doi.org/10.24036/jeal.v5i1.541

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.