Analisis kontribusi gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru di madrasah ibtidaiyah
Abstract
Gaya kepemimpinan dan kinerja guru merupakan variabel yang sering dibahas dalam kajian ilmu perilaku. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kontribusi gaya kepemimpinan kepala madrasah, yang mencakup gaya otoriter, pengasuh, berorientasi pada tugas, dan partisipatif, terhadap kinerja guru madrasah ibtidaiyah yang diukur melalui empat dimensi utama. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Ishlah, Kota Batam Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang aktif mengajar di madrasah tersebut, sebanyak 40 orang. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap utama. Pertama, analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan kecenderungan umum data yang diperoleh dari responden. Kedua, uji asumsi klasik. Ketiga, analisis regresi linear berganda. Hasil Penelitian mendukung hipotesis utama bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara masing-masing gaya kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru dalam proses pembelajaran
Downloads
References
Goleman, D. (1998). Emotional intelligence: Why it can matter more than IQ. Bantam Books.
Judge, T. A., Bono, J. E., Ilies, R., & Gerhardt, M. W. (2004). Personality and leadership: A qualitative and quantitative review. Journal of Applied Psychology, 89(4), 751–765.
Luthans, F. (2002). Positive organizational behavior: Developing and managing psychological strengths. Academy of Management Executive, 16(1), 57–72.
Maslow, A. H. (1943). A theory of human motivation. Psychological Review, 50(4), 370–396.
Podsakoff, P. M., MacKenzie, S. B., Moorman, R. H., & Fetter, R. (1990). Transformational leader behaviors and their effects on followers' trust in leader, satisfaction, and organizational citizenship behaviors. Leadership Quarterly, 1(2), 107–142.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational behavior. Pearson.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yukl, G. (2002). Leadership in Organizations (5th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
Copyright (c) 2025 Marlinda Marlinda, Indra Jaya, Hadiyanto Hadiyanto, Nellitawati Nellitawati, Hanif Al Kadri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.