Persepsi Guru tentang Inventarisasi Sarana Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tarusan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru tentang inventarisasi sarana pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tarusan, penulis mengambil kesimpulan bahwa yang dijadikan indikator inventarisasi sarana pendidikan adalah pencatatan, tanggung jawab dan kerjasama. Penelitian ini merupakan penelitian satu variabel yaitu tentang Persepsi Guru Tentang Inventarisasi Sarana Pendidikan di SMK Negeri 1 Tarusan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian populasi, populasi pada penelitian ini 62 orang guru dengan menggunakan teknik total sampling atau seluruh populasi dijadikan sampel. Lokasi penelitian ini berada di kabupaten pesisir selatan di kecamatan XI Tarusan tepatnya di SMK negeri 1 Tarusan ,penelitian yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan, kondisi, atau lain-lain yang sudah disebutkan, yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian, teknik analisis data dilakukan sesuai dengan tujuan dan jenis penelitian yang dilaksanakan maka analisis data dilakukan dengan perhitungan yang didasarkan pada jawaban yang diberikan responden dengan mengelola angket yang sudah terkumpul. Jenis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dan sumber data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah sumber data yang diperoleh dari guru. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dengan model skala likert yang telah di uji coba kan untuk melihat validitas angket dilakukan analisis menggunakan rumus Korelasi Spearman Rank (rho) dan reliabilitas angket. Maka didapatkan hasil penelitian yang disimpulkan untuk indikator pencatatan memperoleh skor rata-rata 3,79%, tanggung jawab 3.78% dan kerjasama 3.80% bahwasanya persepsi guru tentang inventarisasi sarana pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tarusan berada dalam kategori yang baik.
Downloads
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.