Pelaksanaan Peran Guru sebagai Motivator di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri

  • Fadila Yunistisa Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nurhizrah Gistituati Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nellitawati Nellitawati Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Irsyad Irsyad Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Pelaksanaan Peran Guru, Guru Sebagai Motivator

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui informasi terkait dengan pelaksanaan peran guru sebagai motivator di SMKN 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di SMKN 2 Padang dengan jumlah 563 siswa dan sampel berjumlah 96 siswa yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner model Skala Likert yang terdiri dari 40 item dengan alternatif jawaban Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Kurang Setuju (KS), Tidak Setuju (TS), Sangat Tidak Setuju (STS). Sebelum digunakan, kuesioner tersebut diuji validitas dan reliabilitasnya terlebih dahulu. Uji coba dilakukan kepada 20 siswa kelas XI diluar sampel penelitian. Uji coba validitas dan reliabilitas menggunakan program IBM SPSS 24.0 for windows. Uji validitas penelitian ini menggunakan product moment dengan taraf signifikan 5% (0,444) dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Data yang terkumpul diolah dengan mencari skor rata-rata (mean) dan tingkat capaian rata-rata (TCR). Hasil penelitian ini menunjukan pelaksanaan peran guru sebagai motivator  pada komponen: 1) Metode pembelajaran yang bervariasi berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,37, 2)  Memberikan penghargaan sebagai dorongan berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,35, 3) Memberikan hukuman/sanksi berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,18, dan 4) Menggunakan media pembelajaran yang bervariasi berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,23. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan peran guru sebagai motivator berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,30.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-31
How to Cite
Yunistisa, F., Gistituati, N., Nellitawati, N., & Irsyad, I. (2023). Pelaksanaan Peran Guru sebagai Motivator di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri. Journal of Educational Administration and Leadership, 4(2), 58-63. https://doi.org/10.24036/jeal.v4i2.278

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.