Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap iklim sekolah di SMK Negeri Kota Padang
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang berkaitan dengan kepemimpinan transformasional dan iklim sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana iklim sekolah, kepemimpinan transformasional dan apakah terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap iklim sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap iklim sekolah di SMK Negeri Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK Negeri Kota Padang yang berjumlah 635 orang dan sampel ditentukan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling sebanyak 100 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan model skala likert yang dirancang untuk mengukur dua variabel, yaitu kepemimpinan transformasional dan iklim sekolah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi sederhana untuk menguji hubungan antara kedua variabel. Penngolahan data dan hasil perhitungan dengan bantuan SPSS 26, menjelaskan bahwa iklim sekolah sudah berada pada kategori sangat efektif dengan tingkat capaian 94,98% dan kepemimpinan transformasional juga sudah berada pada kategori sangat baik dengan tingkat capaian 93,90%. Adapun pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap iklim sekolah SMK Negeri Kota Padang sebesar 11,5%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa semakin baik kepemimpinan transformasional kepala sekolah, maka semakin efektif iklim sekolah SMK Negeri Kota Padang.
Downloads
References
Avolio, B. J., & Bass, B. M. (1994). Improving organizational effectiveness through transformational leadership. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Bass, B. M. (1985). Leadership and performance beyond expectations. New York: Free Press.
Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational leadership (2nd ed.). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Brown, K. E., & Medway, F. J. (2007). School climate and teacher beliefs in a school effectively serving poor South Carolina (USA) African-American students: A case study. Teaching and Teacher Education, 23(4), 529–540. https://doi.org/10.1016/j.tate.2006.11.003
Bush, T. (2014). Theories of educational leadership and management (4th ed.). London: SAGE Publications.
Djumiati, I. A. G. Y., & Muljadi, M. (2024). Pengaruh iklim sekolah dan disiplin diri terhadap hasil belajar siswa SMA Swasta di Jakarta. Dhammavicaya: Jurnal Pengkajian Dhamma, 8(1), 34–51. https://doi.org/10.31227/osf.io/78jcb
Ghaviker, & Pillai. (2016). Analisis iklim sekolah di SMK Negeri 2 Bukittinggi. In Malaysia Experience (Ed.), The relationship between school's organizational climate and teacher's job satisfaction, Asia Pacific Education Review.
Gistituati, N. (2009). Manajemen pendidikan: Budaya dan kepemimpinan organisasi. Padang: UNP Press.
Hartinah, S. (2011). Model kepemimpinan transformasional kepala sekolah SMK Negeri. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(1), 1–15. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i1.235
Hidayat, D. R., Suryadi, & Susanti, R. (2021). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap iklim sekolah di SMK. Jurnal Administrasi Pendidikan, 28(2), 200–210. https://doi.org/10.17977/um027v28i22021p200
Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (2008). Educational administration: Theory, research, and practice (8th ed.). New York: McGraw-Hill.
Juwantini, N., Rochman, T., & Edy, S. (2022). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal EMAS, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31219/osf.io/n94xa
Leithwood, K., & Jantzi, D. (2000). The effects of transformational leadership on organizational conditions and student engagement with school. Journal of Educational Administration, 38(2), 112–129. https://doi.org/10.1108/09578230010320064
Lestari, A. A., Suryadi, & Rahmawati, D. (2017). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMK Diponegoro 1 Jakarta Timur. Intelektium, 1(1), 10–20.
Liu, Y., Bellibas, M. S., & Printy, S. (2018). How school context and educators’ characteristics shape the engagement of educators in transformational leadership. International Journal of Leadership in Education, 21(6), 701–716. https://doi.org/10.1080/13603124.2017.1318962
Marks, H. M., & Printy, S. M. (2003). Principal leadership and school performance: An integration of transformational and instructional leadership. Educational Administration Quarterly, 39(3), 370–397. https://doi.org/10.1177/0013161X03253412
Maulia, U. N. (2024). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2654–2661. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.4489
Muaazaroh, A., & Windasari, W. (2024). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap iklim sekolah di SLTA penyelenggara pendidikan inklusi di Surabaya. Edu Learning: Journal of Education and Learning, 3(1). https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1061
Mulder, D. O. (2024). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Koinonia Sentani Kabupaten Jayapura. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(5), 185–189. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i5.2770
Mulyasa, E. (2013). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Northouse, P. G. (2018). Leadership: Theory and practice (8th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Northouse, P. G. (2021). Leadership: Theory and practice (9th ed.). Los Angeles: SAGE Publications.
Pamuji, R. E. (2020). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kedisiplinan siswa di Kabupaten Bantul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2334
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2019). Organizational behavior (18th ed.). Harlow: Pearson Education.
Ross, J. A., & Gray, P. (2006). Transformational leadership and teacher commitment to organizational values: The mediating effects of collective teacher efficacy. School Effectiveness and School Improvement, 17(2), 179–199. https://doi.org/10.1080/09243450600565795
Sari, P. N. (2021). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah terhadap disiplin kerja guru TK se-Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 5(2). https://doi.org/10.51874/jips.v5i2.262
Schein, E. H. (2010). Organizational culture and leadership (4th ed.). San Francisco: Jossey-Bass.
Setiawan, A. (2023). Kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah, iklim sekolah dalam efektivitas sekolah. Jurnal Pijar: Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3). https://ejournal-leader.com/index.php/pijar/article/view/180
Silins, H., & Mulford, B. (2002). Leadership and school results. Second International Handbook of Educational Leadership and Administration, 561–612. https://doi.org/10.1007/978-94-010-0375-9_24
Sudjana, N. (2009). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Sumar, W. (2018). Strategi pemimpin dalam penguatan iklim sekolah berbasis budaya kearifan lokal berlandaskan pendidikan karakter. Google Books. https://books.google.co.id/books?id=bKpTDwAAQBAJ
Sun, J., & Leithwood, K. (2012). Transformational school leadership effects on student achievement. Leadership and Policy in Schools, 11(4), 418–451. https://doi.org/10.1080/15700763.2012.681001
Syafaruddin. (2010). Manajemen mutu pendidikan: Konsep dan aplikasi untuk sekolah dan madrasah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Yukl, G. (2013). Leadership in organizations (8th ed.). Boston: Pearson Education.
Copyright (c) 2025 Dhiya Nabila Herman, Sulastri, Irsyad, Fifin Wildanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.