Pengaruh Insentif Non Material terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota

  • Kurnia Dwi Agustin Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Anisah Anisah Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nurhizrah Gistituati Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Hanif Al Kadri Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Insentif Non Material, Kepuasan Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait seberapa besar pengaruh pemberian insentif non material terhadap kepuasan kerja pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang sebanyak 118 orang. Teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling dengan rumus Slovin pada tingkat kesalahan 10% dan memperoleh sampel sebanyak 65 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner sebanyak 45 item dengan model skala likert. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan kerja pegawai pada penelitian ini dikategorikan tinggi dengan tingkat capaian sebesar 81,3%. Pemberian insentif non material pegawai dalam penelitian ini sudah terlaksana dengan baik dengan tingkat capaian sebesar 81% dan dikategorikan baik. Berdasarkan uji regresi linear sederhana diperoleh hasil sebesar Y=35,932+0,807(X). Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Sedangkan nilai nilai t_hitung>t_tabel didapatkan hasil sebesar 6,362 > 2,004. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pemberian insentif non material berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan keja pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-12
How to Cite
Agustin, K., Anisah, A., Gistituati, N., & Kadri, H. (2024). Pengaruh Insentif Non Material terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota. Journal of Educational Administration and Leadership, 4(3), 113-119. https://doi.org/10.24036/jeal.v4i3.314

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.